Friday , September 20 2019
Home / CodeIgniter / Belajar Controller Pada CodeIgniter

Belajar Controller Pada CodeIgniter

Belajar Controller Pada CodeIgniter

lebakcyber.net – Belajar controller pada CodeIgniter. Pada tutorial kedua mengenai tutorial CodeIgniter ini kita akan membahas mengenai controller yang ada pada framework Codeigniter.

Controller pada Codeigniter memiliki peran untuk mengatur aksi dari aplikasi yang sedang dibangun, controller pada Codeigniter memiliki peran seperti mengirim parameter, menangani input form (form handling) dan juga mengatur view dan model, memanggil atau mengaktifkan library yang ada pada Codeigniter dan masih banyak lagi fungsi yang dimiliki oleh Controller.

Untuk lebih memahami mengenai bagaimana cara menggunakan Controller di Codeigniter sebaiknya buka dahulu project codeigniter yang sebelumnya sudah di ekstrak dan disimpan di localhost. Pada contoh ini nama folder project saya adalah lebakcyber, dan dapat diakses dengan mengetikan localhost/lebakcyber. Nanti akan muncul halaman welcome codeigniter, hal tersebut karena secara default controller yang pertama kali dijalankan adalah controller welcome yang bias dilihat di application/controllers/welcome.php. Controller tersebut selanjutnya akan memanggil view welcome_message.php yang ada pada folder view seperti pada gambar dibawah ini.

belajar controller pada codeigniter

Membuat Controller Pada CodeIgniter

Untuk membuat sebuah controller baru pada codeigniter, kamu bias membuatnya pada folder application/controllers/. Pada contoh ini saya akan coba membuat sebuah controller dengan nama Contoh.php. Selanjutnya pada file controller Contoh.php tersebut ketikan perintah seperti dibawah ini :

<?php

defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class Contoh extends CI_Controller {


function __construct(){

parent::__construct();

}


public function index(){

echo "ini contoh method index pada controller Contoh | lebakcyber";

}

public function test(){

echo "ini contoh method halo pada controller Contoh | lebakcyber ";

}

}

Perhatikan pada contoh syntax diatas. Pertama kali yang harus dilakukan pada penulisan controller adalah meng-extends controller baru yang dibuat dengan CI_Controller seperti dibawah ini :

class Belajar extends CI_Controller

Untuk nama class harus diawali dengan huruf besar dan nama class juga harus sesuai dengan nama dari file controller yang dibuat. Karena nama control yang saya buat adalah Contoh.php, maka nama classnya juga adalah Contoh.

defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

Perintah diatas berfungsi untuk mencegah user melakukan akses langsung ke file controller.

Setelah proses extends dilakukan dan juga pendefinisian basepath, langkah selanjutnya adalah membuat method pada controller, pada perintah diatas method yang dibuat adalah index dan test.

public function index(){

echo "ini method index pada controller Contoh | lebakcyber";

}

public function test(){

echo "ini method test pada controller contoh |lebakcyber";

}

Untuk menjalankan method index pada controller Contoh.php tersebut dapat diakses dengan menuliskan alamat :

localhost/lebakcyber/index.php/contoh

Nanti tampilannya akan seperti pada gambar dibawah ini :

belajar controller pada codeigniter

Dan untuk mengakses suatu method atau function test dapat diakses dengan mengetikkan alamat seperti dibawah ini :

localhost/lebakcyber/index.php/contoh/test

Dan kalua ingin menjadikan controller Contoh.php yang baru saja dibuat tersebut menjadi controller default, kamu bisa melakukan setting di application/config/routes.php lalu ubah pengaturan pada default_controller menjadi Contoh seperti pada perintah dibawah ini :

$route['default_controller'] = 'Contoh';

Sepertinya sampai disini saja pembahasan kita mengenai belajar controller pada codeigniter, semoga tutorial yang sederhana ini dapat bermanfaat dan sampai bertemu di tutorial codeigniter selanjutnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *