Tuesday , July 23 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Belajar Coding Lewat Game Bersama Google

Belajar Coding Lewat Game Bersama Google

foto : Grasshopper

Belajar Coding Lewat Game Bersama Google

lebakcyber.net – Google baru saja merilis sebuah aplikasi yang bisa membantu para programmer pemula untuk belajar coding lewat game bersama Google tentang pemrograman JavaScript, bertajuk Grasshopper. Aplikasi tersebut diciptakan oleh in-house incubator atau tempat pelatihan milik Google bernama Area 120.

Salah satu engineer yang juga ikut menggarap aplikasi tersebut mgetakan kalau grasshopper memiliki tujuan untuk bisa mempermudah para programmer yang baru belajar coding. Dia juga menambahkan kalau kebutuhan kemampuan coding sedang meningkat saat ini.

Belajar pemrograman juga dibuat menjadi lebih menyenangkan dan semuanya bisa dilakukan menggunakaan puzzle dan kuis sederhana sehingga bisa dilakukan disaat waktu senggang.

Aplikasi Grasshopper sendiri sudah bisa didownload di Play Store pada perangkat Android dan juga bagi para pengguna iOS bisa mendownloadnya melalui App Store.

Setelah terinstall nantinya pengguna harus login menggunakan akun Google miliknya dan pengguna akan diberikan sedikit pengantar mengenai tentang apa itu coding. Aplikasi tersebut nantinya akan memberitahu bahwa bahasa pemrograman yang akan digunakan di aplikasi Grasshopper adalah JavaScript.

Setelah memulai, nantinya pengguna akan disuguhkan oleh sebuah kuis dengan beberapa pilihan pertanyaan yang semakin lama tingkat kesulitannya akan semakin tinggi.

Tahap selanjutnya setelah menyelesaikan kuis disebut fundamental. Dimana pada tahap ini pengguna akan mempelajari fungsi, membuat variabel, mengontrol alur kode dan sebagainya dengan menggunakan JavaScript. Tahap tersebut akan dipelajari melalui media permainan puzzle.

Puzzle pertama adalah menggambar sebuah bendera negara perancis yang berbentuk vertikal dengan menggunakan coding. Dilanjutkan dengan membuat bendera negara Gabon yang memiliki bentuk horisontal yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi.

Setelah menyelesaikan sebuah game, pengguna bisa melihat beberapa konsep atau tahapan yang sudah berhasil dicapai dan beberapa kunci JavaScript yang sudah digunakan. Aplikasi tersebut juga menawarkan penggunanya untuk menjadwalkan pelatihan, apakah ingin dilakukan setiap hari atau hanya beberapa hari dalam satu minggu.

Dirangkum dari halaman the verge, tim pengembang Grasshopper mengatakan jika mereka ingin menambahkan materi pembelajaran untuk mengembangkan kurikulum namun belum menyebutkan bahasa pemrograman lain selain JavaScript.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *