Sunday , December 16 2018
Home / Android / Beberapa Kesamaan Fitur Android dan Juga Fitur iOS

Beberapa Kesamaan Fitur Android dan Juga Fitur iOS

foto : iteknoup.com

Beberapa Kesamaan Fitur Android dan Juga Fitur iOS

lebakcyber.net – Saat ini sistem operasi Android dan juga iOS merupakan sistem operasi paling banyak digunakan di dunia smartphone. Kedua sistem operasi tersebut saling bersaing untuk memberikan fitur dan juga memaksimalkan kinerja perangkat. Namun tahukah kamu ternyata ada beberapa kesamaan fitur Android dan juga fitur iOS, apakah kedua sistem operasi tersebut saling mencuri ide?

Sudah jadi rahasia umum kalau dalam waktu beberapa tahun terakhir Android dan iOS memiliki fitur yang memiliki kemiripan. Walaupun beberapa fitur tersebut tidak 100% mirip, melainkan hanya beberapa poin saja yang cenderung mirip, namun dari segi fungsi biasanya memiliki kegunaan yang hampir sama.

Yang pasti hal tersebut membuat kedua sistem operasi tersebut saling bersaing untuk dapat memberikan fitur yang berguna kepada para penggunanya. Karena secara tidak langsung mereka saling tidak mau kalah untuk menciptakan fitur-fitur unggulan pada sistem operasi mereka masing-masing. Dan berikut ini adalah fitur Android yang mirip dengan fitur iOS.

Video Call Group

Di pembaruan iOS 12, fitur FaceTime sudah didukung untuk dapat melakukan obrolan video dengan lebih dari satu orang sekaligus. Namun fitur ini cukup terlambat karena sistem operasi Android sudah memiliki fitur tersebut pada aplikasi Google Hangouts. Tapi sayangnya aplikasi Google Hangouts jarang digunakan di Indonesia.

Mode DND (Do Not Disturb)

Android sudah lebih dulu memiliki fitur DND (Do Not Disturb) yang memiliki fungsi untuk membuat smartphone terbebas dari berbagai macam gangguan seperti panggilan masuk, pesan dan berbagai notifikasi lainnya. Fitur yang hampir mirip juga hadir di iOS 12, yang membuat layar kunci berhenti menampilkan daftar dari pemberitahuan yang masuk dalam waktu tertentu. Bahkan di Android P nantinya akan ada fitur shush yang berfungsi untuk mengheningkan semua nada saat layar smartphone dihadapkan kebawah.

Digital Well-Being

Kabarnya Android P akan memiliki fitur yang berguna untuk mengurangi kecanduan para penggunanya terhadap smartphone, fitur tersebut diberi nama Digital Well-Being. Walaupun sampai saat ini fitur tersebut belum diluncurkan pada Android P versi Beta, tapi kedepannya fitur tersebut akan hadir dalam Android P versi global.

Di iOS 12 sendiri sudah terdapat fitur serupa, fitur tersebut diberinama Digital Health yang bertujuan untuk meminimalkan pemberitahuan yang masuk secara otomatis dengan menggunakan mode Jangan Ganggu serta menunjukan grafik dari berbagai aplikasi yang biasa digunakan oleh para penggunanya.

Pengelompokan Notifikasi

Fitur pengelompokan notifikasi didalam aplikasi yang sama sudah hadir di Android sejak beberapa versi sebelumnya, jadi notifikasi yang masuk terlihat lebih simpel dan rapi. Hal tersebut juga ternyata kembali digunakan di iOS 12 setelah sebelumnya fitur tersebut dihilangkan pada iOS versi 10 dan versi 11.

Google Assistant VS Siri

iOS 12 memperkenalkan Shortcut Siri agar bisa membantu penggunanya menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat. Seperti misalnya menanyakan tempat makan yang enak di sekitar kamu berada dan secara otomatis Siri akan menampilkan berbagai tempat makan yang ada disekitar wilayah kamu berada. Fitur serupa juga hadir di Android dengan nama Google Assistant yang cara kerjanya juga sangat mirip dengan Shortcut Siri yang dimiliki oleh iOS 12.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *