Sunday , November 17 2019
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Bahaya Menggunakan WiFi Publik Gratis

Bahaya Menggunakan WiFi Publik Gratis

foto : Digital Unite

Bahaya Menggunakan WiFi Publik Gratis

lebakcyber.net – Bahaya menggunakan WiFi publik gratis. Ketergantungan kita kepada internet menjadikan kita selalu membutuhkan koneksi internet yang cepat dan juga gratis. Jadi tidak heran kalau banyak orang yang datang ke coffee shop hanya untuk mencari WiFi gratisan.

Bukan itu saja, bahkan sampai ada yang ingin membobol WiFi saat mendapatkan WiFi yang terdeteksi. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada bahaya dari WiFi publik yang gratisan tersebut? WiFi publik biasanya sudah disadap oleh organisasi hacker dan tujuannya sudah jelas untuk mendapatkan informasi atau hanya sekedar melakukan kejahatan dengan menyebarkan virus.

Dan berikut ini adalah beberapa resiko yang akan mengintai kalian jika menggunakan WiFi publik gratisan. Jadi langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini ya.

Advertisements

Jaringan Publik Tidak Terenkripsi

Biasanya WiFi publik tidak terenkripsi. Maksudnya adalah penggunaan algoritma untuk membuat pesan tidak akan mudah dibaca oleh orang yang tidak bersangkutan. Dengan begitu, orang akan sulit mengakses informasi kamu terhadap orang lain.

Padahal sebenarnya hal tesebut sangat penting. Lebih lagi kalau kalian sedang melakukan chattingan yang ada sangkut pautnya dengan informasi atau data diri kamu. Kemungkinan akan ada peluang hacker untuk mencuri informasi penting tersebut karena WiFi publik tidak terenkripsi, kecuali kalau kalian menggunakan apliaksi VPN.

WiFi Publik Biasanya Sudah disusupi Malware

Resiko kalau menggunakan WiFi publik yang pertama adalah biasanya WiFi publik sudah disusupi oleh malware. Jadi perlu kamu ketahui kalau orang yang jahat biasanya akan membuat sebuah WiFi kloningan atau mirip dengan hotspot terdekat dengan tujuan untuk menjebak orang orang yang ingin menggunakan WiFi publik.

Dan kalau sudah tersambung ke jaringan WiFi tersebut biasanya mereka akan langsung memasukan malware ke koneksi kalian. Maka dari itu kalau kamu merasa banyak iklan pop-up yang muncul bisa jadi malware sudah menyerang perangkat keras kalian.

Mudah Terkena Phising

Phising merupakan teknik pencurian informasi yang dilakukan dengan cara mengirimkan tautan atau link palsu kepada pengguna WiFi publik. Jadi kalau pengguna membukanya maka pengguna juga akan masuk ke dalam perangkat si hacker tersebut.

Advertisements

Mungkin jarang orang yang membuka link yang tersebar melalui WiFi publik tersebut. Namun tetap saja, akan ada yang menjadi korban. Dan biasanya phising ini dilakukan melalui email. Jadi jangan sembarangan membuka link yang ada didalam email ya.

Mudah Terserang Worm

Resiko lainnya kalau menggunakan WiFi publik adalah lebih rentan terserang worm. Seperti yang sudah kita ketahui kalau worm tersebut merupakan salah satu virus yang dapat bergerak sendiri dengan cara melakukan infeksi perangkat yang kita gunakan. Penyebarannya juga dapat melalui perpindahan file bahkan melalui jaringan WiFi.

Kalau kamu sembarangan melakukan koneksi perangkat dengan WiFi publik tersebut, maka virus worm ini juga akan masuk melalui koneksi tersebut. Dengan begitu, perangkat kamu akan lebih mudah terserang virus. Maka dari itu, hal ini menjadi salah satu bahaya WiFi yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Snopping dan Sniffing

Snopping dan Sniffing merupakan salah satu istilah yang sering digunakan orang lain saat ingin menyadap sinyal WiFi. Biasanya tujuan penyadapan ini untuk mengetahui aktivitas pengguna WiFi tersebut.

Bahayanya lagi teknik ini juga mampu mengetahui kalian sudah membuka situs apa saja. Tujuannya tentu untuk mengetahui password media sosial dan informasi lainnya. Jadi tidak heran kalau beberapa ahli IT menyarankan untuk secara rutin mengganti Password media sosial yang kalian gunakan.

Jadi sekarang kalian sudah tahu kan resiko apa saja yang akan terjadi kalau menggunakan WiFi publik. Jadi jangan lupa untuk share artikel ini ya agar teman-teman kalian juga mengetahui bahayanya menggunakan WiFi publik gratisan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *