Saturday , November 18 2017
Home / Android / Bahaya Melakukan Root Pada Android

Bahaya Melakukan Root Pada Android

Foto : howtogeek.com

Bahaya Melakukan Root Pada Android

lebakcyber.net – Android merupakan sistem operasi yang bersifat open source, artinya siapa saja boleh dengan bebas melakukan kostumisasi ataupun pengembangan untuk sistem operasi Android. Dengan begitu pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan proses rooting pada perangkat Android yang dimilikinya untuk mendapatkan akses secara penuh ke perangkat Android. Kali ini kita akan membahas mengenai bahaya melakukan root pada Android.

Dengan melakukan proses rooting pada Android, kamu bisa mendapatkan hak akses penuh pada perangkat Android kamu. Namun dengan melakukan root bukan berarti tanpa bahaya ataupun resiko. Jadi silahkan baca artikel ini sampai habis agar kamu pikir pikir dahulu sebelum melakukan rooting pada Android kamu.

Mengapa Harus Melakukan Proses Root Pada Android

Dengan melakukan rooting kamu bisa mendapatkan akses penuh ke perangkat Android yang kamu miliki, misalnya kamu bisa menambahkan banyak fitur baru yang tidak ada pada sistem operasi andrioid yang belum di root. Namun sayangnya proses root ini bisa menghilangkan garansi dari perangkat Android yang kamu miliki, dan berikut ini adalah bahaya bahaya lainnya jika kamu melakukan rooting pada perangkat Android.

Hilangnya Garansi

Setelah Android di rooting, maka secara otomatis garansi pada perangkat Android kamu akan hilang, padahal banyak keuntungan dari garansi ini, misalnya jika layar smartphone kamu rusak atau tidak responsif lagi kamu bisa memperbaikinya secara gratis karena adanya garansi.

Update Sistem Operasi Yang Bermasalah

Setelah kamu melakukan root pada android kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat, misalnya menghapus aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan yang sudah ada dari pertama perangkat Android dinyalakan. Namun setelah perangkat Android di root kamu tidak bisa lagi melakukan update sistem operasi Android secara OTA (Over The Air).

Semakin Besarnya Celah Keamanan

Salah satu kelemahan Android adalah rentanya sistem operasi tersebut dari serangan virus atau malware. Setelah Android di root, perangkat Android kamu menjadi semakin rawan dari ancaman bahaya. Karena dengan melakukan proses rooting berarti kamu sudah memperbolehkan perangkat Android kamu untuk disisipi sistem dari luar.

Semakin Stabilnya ROM Bawaan

Biasanya pengguna Android melakukan root karena ingin mendapatkan hak akses penuh terhadap perangkatnya dan juga karena merasa ROM bawaan dari perangkatnya kurang begitu stabil. Jadi pengguna Android memilih untuk melakukan root agar dapat melakukan instalasi custom ROM di perangkat Androidnya. Namun saat Android mendapatkan update Lollipop, rasanya instalasi custom ROM tidak perlu dilakukan lagi karena sistem operasi Android kini sudah semakin stabil.

Memory Pada Smartphone Android Sudah Semakin Besar

Sekarang kita sudah bisa dengan mudah mendapatkan perangkat atau smartphone Android dengan RAM 2GB dan juga kapasitas penyimpanan sampai 32GB hanya dengan harga mulai dari 2 jutaan. Jadi kita tidak perlu lagi melakukan root pada Android agar bisa menghapus aplikasi bloatware di Android dengan maksud untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang semakin besar dan penggunaan RAM yang menjadi lebih sedikit.

Rooting Sangat Berbahaya Bagi Pemula

Ada bahaya yang mengancam jika kamu melakukan rooting padahal kamu baru mengenal sistem operasi Android, karena jika kamu gagal melakukannya maka ada kemungkinan perangkat atau smartphone android kamu tidak bisa lagi digunakan atau biasa disebut dengan istilah stuck booting ataupun brick.

Itulah beberapa bahaya melakukan root pada Android, semoga artikel diatas bisa kamu ambil manfaatnya sebelum melakukan proses rooting pada smartphone Android yang kamu miliki.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *