Saturday , January 18 2020
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Bahaya Di Balik Aplikasi FaceAPP

Bahaya Di Balik Aplikasi FaceAPP

foto : DW

Bahaya Di Balik Aplikasi FaceAPP

lebakcyber.net – Bahaya di balik aplikasi FaceApp. Masih ingat dengan aplikasi FaceApp yang beberapa waktu lalu sempat viral di kalangan para pengguna media sosial yang terjadi pada pertengahan tahun 2019 lalu?

Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan / Artificial Intelligent, pengguna dapat merubah foto wajah diri mereka sendiri dengan menggunakan filter agar terlihat lebih tua atau muda. Namun ternyata dibalik popularitas aplikasi FaceAPP itu ada sebuah potensi berbahaya yang mengintai.

Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) mengatakan bahwa aplikasi FaceAPP tersebut memiliki resiko keamanan data karena berasal dari negara Rusia. Aplikasi FaceAPP dikhawatirkan dapat meneruskan data para penggunanya ke pemerintah negara Rusia tersebut.

Advertisements

Dalam sebuah pernyataannya, pihak FBI mengatakan “FBI menganggap aplikasi mobile atau produk sejenisnya yang dikembangkan di Rusia seperti misalnya FaceAPP sebagai ancaman intelijen potensial. Berdasarkan data yang diambil, ketentuan privasi dan juga penggunaan, serta mekanisme hukum yang berlaku kepada pemerintah Rusia untuk mengakses data di dalam wilayahnya”.

Lebih spesifik lagi, pihak FBI menyoroti biro intelijen Rusia Federal Security Service (FSB) yang dikatakan mampu mengakses semua jaringan telekomunikasi dan juga server di Rusia tanpa harus memberitahu pihak penyedia layanan internet atau ISP.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh FBI sebagai tanggapan atas kekhawatiran pimpinan Senat Amerika Serikat Chuck Schumer terhadap keamanan aplikasi FaceAPP. Pada bulan Juli lalu saja, Schumer meminta pihak FBI menyelidiki resiko dari aplikasi tersebut.

Advertisements

Aplikasi FaceAPP sendiri sudah menyatakan bahwa data para penggunanya disimpan di server yang berada di Amerika Serikat, Singapura, Australia dan juga Irlandia. Penyedia layanan tersebut ikut menegaskan bahwa foto-foto para pengguna dihapus secara otomatis dari server setelah 48 jam.

Namun hal tersebut tidak membuat pihak FBI dan juga pemerintah Amerika Serikat percaya begitu saja. Setelah pihak FBI mengeluarkan pernyataan mengenai resiko keamanan dari aplikasi FaceAPP, Schumer memberikan himbauan yang bernada keras.

Dikutip dari halaman 9to5Mac, Schumer mengatakan “Saya sangat menyarankan kepada warga Amerika agar segera menghapus aplikasi FaceAPP”.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *