Wednesday , December 19 2018
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Aturan Sistem Operasi Android Semakin Diperketat

Aturan Sistem Operasi Android Semakin Diperketat

foto : seroundtable.com

Aturan Sistem Operasi Android Semakin Diperketat

lebakcyber.net – Sistem operasi Android merupakan sistem operasi terbuka yang siapa saja bisa menggunakannya secara gratis, karena itulah banyak pembuat ponsel menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Namun sekarang ini aturan sistem operasi Android semakin diperketat oleh Google bagi siapa saja yang menggunakan sistem operasi buatannya tersebut.

Sekarang para pembuat ponsel harus memiliki sertifikasi jika ingin menggunakan aplikasi-aplikasi dasar (GApps) di sistem operasi Android yang mereka gunakan pada ponsel hasil produksinya. Jika para vendor tidak memenuhi peraturan tersebut, ponsel buatan mereka tidak akan bisa menjalankan GApps tersebut.

Sebenarnya aturan seperti sudah lama ada, namun sayangnya masih banyak vendor pembuat ponsel yang mengabaikan peraturan tersebut karena mereka masih tetap bisa memasukan aplikasi GApps kedalam ponselnya, atau bahkan membiarkan para penggunanya untuk menginstall aplikasi GApps itu sendiri, dan sekarang hal tersebut tidak bisa dilakukan lagi.

Selain berdampak kepada para vendor pembuat ponsel, aturan tersebut juga bisa berdampak kepada para pengguna yang sering mengotak-atik ponselnya dengan menggunakan Custom ROM. Pasalnya pihak Google secara diam-diam mulai melakukan proses pemblokiran akses ke GApps untuk perangkat dengan custom ROM yang firmwarenya dibuat setelah tanggal 16 Maret 2018 lalu.

Pada perangkat yang menggunakan Custom Rom nantinya akan ada sebuah peringatan yang menyebutkan kalau perangkat yang mereka gunakan tidak memiliki sertifikasi dan penggunanya tidak akan bisa melakukan login ke akun Google miliknya. Tapi pihak Google masih memberikan keringanan bagi mereka yang menggunakan Custom Rom.

Caranya dengan medaftarkan ID pada perangkat mereka kedalam whitelist setiap pengguna melakukan factory reset. Namun Whitelist tersebut jumlahnya juga terbatas sampai 100 ID saja, dan hal tersebut menjadi masalah bagi para pengguna yang sering melakukan factory reset untuk menginstal firmware baru pada ponselnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *