Sunday , December 8 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Apple Siapkan Mac dan MacBook Dengan Chip Khusus

Apple Siapkan Mac dan MacBook Dengan Chip Khusus

foto : trendhunter.com

Apple Siapkan Mac dan MacBook Dengan Chip Khusus

lebakcyber.net – Belakangan ini diketahui kalau Apple semakin menerapkan chip rancangannya sendiri untuk digunakan pada produk-produk Apple yang dibuatnya, dan kabarnya Apple siapkan Mac dan MacBook dengan chip khusus untuk tahun 2018 ini.

Pada MacBook Pro high-end yang dirilis pada tahun 2016 lalu diketahui menggunakan chip buatan khusus yang dibuat oleh Apple secara langsung agar bisa menjalankan fungsi dari Touch Bar dan juga Touch Id. Selanjutnya di iMac Pro yang diperkenalkan pada akhir tahun 2017 lalu juga sudah dilengkapi dengan chip yang dikhususkan untuk melakukan pemrosesan kamera, enkripsi dan juga audio.

Sepertinya pihak Apple sendiri belum akan berhenti sampai disitu saja dalam menggunakan chip khusus buatannya. Karena menurut sebuah laporan menyebutkan bahwa pabrikan yang memiliki logo Apel yang tergigit tersebut sedang menyiapkan tiga model komputer Mac yang dilengkapi dengan custom co-processor buatannya.

Advertisements

Informasi yang didapat dari halaman Bloomberg tersebut juga mengatakan bahwa dari ketiga komputer Mac yang dimaksud terdiri dari model desktop dan juga laptop dan sepertinya direncanakan untuk diluncurkan pada tahun 2018 ini.

Di dunia gadget sendiri Apple sudah menggunakan chip buatan sendiri yang berupa system-on-chip (SoC) yang tertanam didalam jantung iPhone sejak jaman iPhone 4 pada tahun 2010 lalu. Selanjutnya Apple mulai menambah prosesor tambahan (Co-Processor) buatan sendiri untuk mengerjakan tugas spesifik dengan lebih efisien dan meringankan beban dari prosesor utama, contohnya bisa dilihat pada Motion co-Processor seri M yang diterapkan pada SoC A7 milik iPhone 5S pada tahun 2013 lalu.

Yang terakhir adalah SoC A11 Bionic yang digunakan pada iPhone 8 dan juga iPhone 8 Plus serta iPhone X untuk pertama kalinya yang turut ditemanin dengan chip grafis (GPU) yang dirancang oleh Apple sendiri, selain itu sebuah Neural Engine yaitu sebuah prosesor khusus yang digunakan untuk menangani pemrosesan Artificial Intelligence.

Advertisements

Pada komputer-komputer sendiri sekarang ini masih menggunakan prosesor buatan Intel sebagai inti dari pusat pengolahan utama. Sementara untuk chip buatan Apple disertakan sebagai tambahan untuk melakukan tugas-tugas lain yang lebih spesifik lagi.

Berdasarkan hal tersebut bukan tidak mungkin kalau Apple menjadi semakin dekat untuk menggunakan prosesor utama buatannya sendiri untuk digunakan pada komputer Mac.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Apple Segera Rilis iOS 13.1

Apple Segera Rilis iOS 13.1

Apple Segera Rilis iOS 13.1 lebakcyber.net – Apple segera rilis iOS 13.1. Baru satu minggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *