Thursday , January 24 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Apple Penjarakan 12 Karyawannya

Apple Penjarakan 12 Karyawannya

foto : bgr.com

Apple Penjarakan 12 Karyawannya

lebakcyber.net – Dalam menghadapi para pembocor informasi, bisa dikatakan kalau Apple tidak pernah main-main. Pada tahun 2017 lalu saja ada 29 orang yang membocorkan informasi perusahaan dan Apple penjarakan 12 karyawannya terkait kasus tersebut karena mengumbar rahasia perusahaan kepada media.

Informasi rahasia yang dibocorkan oleh karyawan Apple tersebut termasuk rincian-rincian produk Apple yang sedang dikembangkan dan belum dirilis ke pasaran karena masih dalam bentuk purwarupa, dan juga beberapa memo para petinggi perusahaan dan karyawan.

Kabar mengenai penangkapan 12 karyawan Apple tersebut yang sudah membocorkan informasi internal perusahaan terungkap dari catatan internal perusahaan yang juga malah dibocorkan kepada publik. Kedua belas orang yang ditangkap tersebut diantaranya adalah karyawan Apple, kontraktor dan beberapa mitra dalam rantai pasokan Apple.

Didalam memo tersebut dikatakan bahwa tindakan tegas ini merupakan salah satu cara perusahaan utuk melacak dan juga membatasi informasi apa saja yang bisa dibagikan karyawan kepada publik. Karena kebocoran informasi tersebut sangat mempengaruhi pendapatan perusahaan.

Memo perusahaan tersebut berisi “Orang-orang ini tidak hanya kehilangan pekerjaan mereka, namun juga akan sulit untuk mencari pekerjaan ditempat lain. Pada beberapa kasus, mereka akan menghabiskan waktu mereka di dalam penjara dan denda besar untuk pencurian rahasia dagang yang diklarifikasi sebagai kejahatan federal.” Sebagaimana yang dikutip pada halaman Bloomberg.

Dalam industri teknologi khususnya untuk beberapa perusahaan besar seperti Apple yang mendapat sorotan dari publik, kebocoran informasi rahasia pada publik bisa menjadi bumbu penyedap perusahaan untuk memainkan emosi konsumennya.

Itu juga bisa digunakan untuk mendongkrak rasa penasaran konsumen sehingga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meningkatkan pendapatan. Walaupun demikian, tetap ada sisi negatif dari kebocoran informasi tersebut.

Dengan bocornya informasi rahasia tentu saja bisa dimanfaatkan oleh perusahaan kompetitor untuk menyiapkan produk serupa untuk menjadi pesaing di pasaran.

Didalam memo tersebut juga disebutkan beberapa informasi rahasia yang sempat bocor kepada publik, yaitu mengenai rencana penundaan fitur tambahan untuk perangkat lunak iPhone dan beberapa rincian dari iPhone X serta Apple Watch yang belum dirilis.

Namun, pihak Apple sendiri menyangkal mengenai kabar adanya memo internal yang bocor kepada publik tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *