Friday , October 2 2020
Home » The Lounge » News » Apple Izinkan Stadia dan xCloud Dengan Syarat Ketat

Apple Izinkan Stadia dan xCloud Dengan Syarat Ketat

foto : NDTV Gadgets

Apple Izinkan Stadia dan xCloud Dengan Syarat Ketat

lebakcyber.net – Apple izinkan Stadia dan xCloud dengan syarat ketat. Pihak Apple akhirnya melakukan revisi beberapa aturan mengenai aplikasi streaming game yang ada di App Store.

Dengan adanya revisi tersebut, Google Stadia dan juga Microsoft xCloud nantinya bisa ditemukan di App Store dan juga dijalankan pada perangkat dengan sistem operasi iOS. Walau begitu, kebijakan baru tersebut tetap dibarengi dengan peraturan yang sangat ketat.

Seperti kabar yang beredar sebelumnya, pihak Microsoft mengumumkan mengenai penghentian proyek preview xCloud pada perangkat Apple. Alasannya karena ada beberapa peraturan yang sangat ketat yang membuat pihak Microsoft membatalkan perilisan xCloud di sistem operasi iOS.

Advertisements

Salah satunya adalah kewajiban agar melakukan proses pembayaran melalui App Store serta kebijakan agar terhubung dengan satu koneksi yang sama.

Namun sepertinya Apple sedikit melunak agar membiarkan aplikasi streaming game dapat berjalan pada perangkat yang mereka buat. Tapi beberapa kebijakan yang dibuat mengenai hal tersebut malah akan memberikan pengalaman yang kurang mengenakan bagi para penggunanya.

Advertisements

Berikut ini adalah beberapa kutipan dari hasil revisi peraturan yang diupload oleh Apple kepada para pengembang aplikasi :

  • Streaming game diizinkan selama mengikuti semua panduan yang ada, seperti setiap update pada game harus terlebih dahulu di review dan pengembang harus menyediakan metadata yang sesuai untuk pencarian, game juga harus menggunakan pembelian didalam aplikasi agar membuka fitur atau fungsionalitas dan sebagainya. Tentu saja selalu ada browser dan juga internet agar bisa menjangkau semua pengguna yang ada di luar App Store.
  • Setiap game harus didaftarkan ke App Store secara mandiri dengan tujuan agar memiliki halaman produk yang ada di App Store, muncul pencarian dan juga grafik serta memiliki ulasan dan juga rating dari pengguna, dapat diatur dengan fitur Screen Time serta aplikasi kontrol yang bisa digunakan orang tua lainnya agar muncul pada perangkat pengguna dan sebagainya.
  • Layanan streaming game bisa menawarkan aplikasi katalog pada App Store agar membantu pengguna melakukan pendaftaran ke layanan serta menemukan game di App Store, asal aplikasi tersebut sudah memenuhi semua pedoman, termasuk salah satunya adalah pilihan untuk membayar biaya langganan dengan in-app purchases serta menggunakan metode Sign in with Apple. Selain itu semua game yang disertakan didalam katalog aplikasi harus dihubungkan ke halaman produk individu App Store.

Salah satu kebijakan yang dapat menimbulkan masalah adalah keharusan agar melakukan pendaftaran setiap game sebagai sebuah aplikasi terpisah. Padahal Stadia dan juga xCloud dihadirkan agar lebih memudahkan pengguna untuk mengakses katalog game yang dimiliki oleh layanan masing-masing.

Apalagi jumlah game yang ada di Stadia sekarang ini masih belum begitu banyak, hal tersebut kemungkinan tidak akan menjadi masalah bagi pihak Google, tapi hal ini tidak berlaku untuk Microsoft.

Dikutip dari halaman TheNextWeb (12/09/2020), xCloud adalah bagian dari Xbox Game Pass. Dan layanan tersebut sendiri telah memiliki ratusan judul game yang bisa dimainkan oleh penggunanya. Dengan mendaftarkan semua game tersebut secara mandiri ke App Store pastinya akan menjadi sebuah pekerjaan yang sangat melelahkan bagi Microsoft.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

iPhone SE 2020 Mendarat di Indonesia Awal Oktober

iPhone SE 2020 Mendarat di Indonesia Awal Oktober

iPhone SE 2020 Mendarat di Indonesia Awal Oktober lebakcyber.net – iPhone SE 2020 mendarat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *