Monday , September 28 2020
Home » The Lounge » News » Apple Hapus 26 Ribu Aplikasi Game dari China

Apple Hapus 26 Ribu Aplikasi Game dari China

foto : Mobile World Live

Apple Hapus 26 Ribu Aplikasi Game dari China

lebakcyber.net – Apple hapus 26 ribu aplikasi game dari China. Berdasarkan data yang didapat perusahaan riset Qimai, diketahui kalau pihak Apple menghapus sebanyak 29.800 aplikasi dari toko aplikasi China, diantaranya adalah 26 ribu game.

Dikutip dari halaman Reuters, Senin (03/08/2020), aksi penghapusan tersebut terjadi di tengah isu mengenai lisensi yang dikeluarkan oleh pemerintah Tiongkok untuk melakukan transaksi pembelian didalam aplikasi atau dikenal juga dengan in-app purchase. Tapi pihak Apple sendiri belum menanngapi isu tersebut.

Pada awal tahun ini, pihak Apple juga memberikan kepada para developer game tenggah waktu sampai akhir bulan Juni untuk menyerahkan nomor lisensi yang didapat dari pemerintah agar memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian didalam aplikasi.

Advertisements

Untuk toko aplikasi Android yang ada di China sudah lama memenuhi peraturan tersebut. Namun tidak jelas kenapa pihak Apple memberlakukannya dengan sangat ketat di tahun 2020 ini.

Sebelumnya, App Store Tiongkok juga sudah menghapus lebih dari 2500 game mobile dalam 7 hari pertama di bulan Juli 2020.

Advertisements

Beberapa game terkenal yang akhirnya dihapus dari App Store Tiongkok diantara adalah Contract Killer Zombies yang dibuat oleh Glu, ASMR Slicing yang dibuat oleh Crazy Labs, Solitaire yang dibuat oleh Zynga dan juga Nonstop Chuck Norris yang dibuat oleh Flaregames.

Pemerintah China sendiri juga sudah sejak lama berupaya untuk menegakkan peraturan yang lebih ketat kepada industri gamenya agar dapat menghapus konten sensitif.

Berdasarkan keterangan seorang sumber yang ada didalam industri game, proses persetujuan kepada game yang menginginkan untuk mengaktifkan proses pembelian didalam aplikasi sangat rumit dan juga panjang, yang akhirnya berdampak kepada semua pengembang kecuali para pengembang game besar.

Manajer pemasaran untuk AppInChina, Todd Kuhns yang merupakan sebuah perusahaan luar negeri yang mendistribusikan aplikasi yang mereka buat di Tiongkok mengatakan bahwa hal tersebut sangat memberikan pengaruh pendapatan kepada pengembang kecil dan juga menengah, lebih lagi bagi mereka yang sulit untuk memperoleh lisensi bisnis. Hal tersebut menghancurkan semua industri game iOS yang ada di China.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

iPhone SE 2020 Mendarat di Indonesia Awal Oktober

iPhone SE 2020 Mendarat di Indonesia Awal Oktober

iPhone SE 2020 Mendarat di Indonesia Awal Oktober lebakcyber.net – iPhone SE 2020 mendarat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *