Monday , August 19 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Apple Blokir Aplikasi Internal Google dari iOS

Apple Blokir Aplikasi Internal Google dari iOS

foto : The Verge

Apple Blokir Aplikasi Internal Google dari iOS

lebakcyber.net – Apple blokir aplikasi internal Google dari iOS karena dianggap melanggar peraturan. Berdasarkan seorang sumber yang dekat dengan masalah ini, versi awal dari aplikasi google Mpas, Gmail, Hangouts dan juga beberapa aplikasi beta milik Google lainnya akan berhenti bekerja di iOS.

Hanya aplikasi transportasi Gbus dan juga aplikasi internal kafe Google saja yang masih dapat bekerja dan berjalan di sistem operasi iOS.

Dikutip dari halaman The Verge, pemblokiran Google ini terjadi setelah raksasa internet tersebut ketahuan melanggar kebijakan distribusi aplikasi Apple. Sebelumnya, karena dianggap sudah melanggar peraturan yang sama, aplikasi Facebook juga diblokir di iOS.

Seperti yang dilaporkan oleh TechCrunch, semua aplikasi yang dibuat oleh Google sudah bisa berfungsi kembali di iOS. Pihak Apple kabarnya bekerja sama dengan Google untuk segera memperbaiki situasi pemblokiran aplikasi buatan Google tersebut.

Salah satu juru bicara Apple mengatakan bahwa Apple bekerja sama dengan Google untuk membantu mereka memulihkan sedikit sertifikat perusahaan mereka dengan sangat cepat.

Langkah Apple untuk memblokir sertifikat pengembang Google dilakukan hanya sehari setelah Google melakukan langkah untuk menonaktifkan aplikasi Screenwise Meter. Aplikasi privat milik Google ini memang didesain untuk melakukan monitoring bagaimana pengguna memakai iPhone miliknya.

Aplikasi tersebut dianggap mirip dengan aplikasi riset Facebook yang mencoba membaca berbagai jenis aktivitas penggunanya saat menggunakan smartphone.

Pada pernyataan awalnya mengenai sertifikat Facebook yang dihapus, pihak Apple memperingatkan pengembang apapun yang menggunakan sertifikat perusahaan mereka untuk mendistribusikan aplikasi kepada konsumen akan dicabut sertifikasinya.

Aplikasi internal iOS Facebook saat ini sudah berfungsi kembali. Sebelumnya Facebook menyebut kalau Apple sudah memulihkan sertifikat perusahaannya, dengan begitu aplikasi Facebook dapat berjalan kembali di iOS.

Apple sendiri terkenal sangat ketat dalam menjalankan peraturannya. Bahkan Apple menerapkan aturan ini tanpa pandang bulu, baik itu kepada perusahaan raksasa seperti Facebook dan Google, dan juga perusahaan perusahaan lain yang melanggar kebijakan yang sudah ditetapkan oleh Apple.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *