Tuesday , July 17 2018
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Apple Akui Keyboard MacBook Cacat

Apple Akui Keyboard MacBook Cacat

foto : pcmag.com

Apple Akui Keyboard MacBook Cacat

lebakcyber.net – Apple akui keyboard MacBook cacat yang digunakan pada sembilan jenis MacBook yang sudah dirilis sejak tahun 2015 sampai tahun 2017, dan pihak Apple mencoba memperbaikinya dengan memberikan perawatan gratis.

Perusahaan teknologi raksasa tersebut akan mengganti keyboard pada model MacBook dan juga MacBook Pro tertentu yang huruf dan karakternya sering berulang secara tiba-tiba, terasa lengket, tidak muncul atau tidak dapat melakukan respon secara konsisiten.

Keyboard yang mengalami kecacatan tersebut ada di produk MacBook Retina, MacBook 12 inci tahun 2015 sampai macBook Pro 15 inci tahun 2017 yang menggunakan tombol ‘butterfly switch’.

Dikutip dari halaman Cnet, Apple akan memeriksa kelayakan perangkat milik para konsumen dan kemudian memberikan layanan gratis kepada mereka. Perbaikan mungkin bisa saja berupa penggantian satu tombol atau bahkan keseluruhan keyboard akan diganti.

Pihak Apple juga menambahkan bagi pelanggan yang sudah membayar biaya perbaikan keyboard mengenai kasus tersebut bisa menghubungi perusahaan agar uangnya dikembalikan. Namun sayangnya Apple tidak memberikan rincian lebih jauh mengenai perangkat yang terkena dampak tersebut.

Apple mengeluarkan desain keyboard terbaru tersebut pada tahun 2015 lalu sebagai upaya untuk membuat MacBook menjadi lebih tipis dan lebih ringan saat dibawa dibandingkan dengan jenis MacBook keluaran sebelumnya. Dengan Butterfly Switch sebagai pengganti mekanisme Scissor, Apple mengklaim dapat membuat MacBook menjadi lebih stabil, responsif dan nyaman saat digunakan.

Namun para pengguna MacBook dengan beberapa model tertentu malah mengeluh mengenai model keyboard terbaru yang dikeluarkan oleh Apple tersebut. Mereka mengatakan keyboard tersebut lebih gampang rusak dan berdebu.

Beberapa penggunanya mengaku terpaksa tidak menggunakan komputer mereka selama seminggu atau lebih di saat Apple mengganti cacat keyboard, bahkan mengganti bagian-bagian penting yang ada pada MacBook mereka. Sedangkan biaya perbaikan di luar garansi tersebut tidak murah, bahkan kabarnya ada yang harus membayar sampai USD 700 atau sektiar Rp. 10 Juta.

Karena kejadian tersebut, setidaknya Apple menerima tiga gugatan hukum. Merespon keseluruhan keluhan para pelanggannya mengenai keyboard dengan jenis Butterfly Switch tersebut, pada tahun lalu Apple mengeluarkan artikel di situsnya mengenai bagaimana cara membersihkan keyboard.

Namun sejumlah pengguna mengatakan bahwa hal tersebut tidak terlalu ampuh. Hingga akhirnya pihak Apple menawarkan perbaikan gratis. Dan berikut ini adalah model produk Apple yang berhak mendapatkan perbaikan keyboard dari Apple di Amerika Serikat :

  • MacBook (Retina, 12-­inch, awal 2015)
  • MacBook (Retina, 12­-inch, awal 2016)
  • MacBook (Retina, 12-­inch, 2017)
  • MacBook Pro (15-­inch, 2016)
  • MacBook Pro (15-­inch, 2017)
  • MacBook Pro (13­-inch, 2016, Two Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (13-­inch, 2017, Two Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (13-­inch, 2016, Four Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (13-­inch, 2017, Four Thunderbolt 3 Ports)

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *