Sunday , November 17 2019
Home / Android / Aplikasi Yang Ternyata Mengurangi Performa Android

Aplikasi Yang Ternyata Mengurangi Performa Android

foto : TechCrunch

Aplikasi Yang Ternyata Mengurangi Performa Android

lebakcyber.net – Aplikasi yang ternyata mengurangi performa Android. Dari begitu banyaknya aplikasi yang bisa di download secara gratis di Play Store, ternyata tidak semuanya dapat bermanfaat bagi para penggunanya, karena ternyata ada beberapa aplikasi di Play Store yang sudah disusupi malware dan bahkan ada beberapa yang ternyata malah dapat mengurangi performa dari Android.

Alih-alih dapat meningkatkan performa dari Android, beberapa aplikasi dibawah ini justru malah membuat performa Android menjadi turun. Daripada banyak basa-basi, lebih baik langsung saja kita simak ulasan dari beberapa aplikasi Android yang ternyata malah mengurangi performa Android itu sendiri.

Facebook

Sudah bukan rahasaia lagi kalau Facebook adalah salah satu aplikasi yang paling boros dalam mengkonsumsi baterai. Selain boros baterai, aplikasi Facebook juga sangat mengurangi performa dan data karena selalu bekerja di background.

Advertisements

Untungnya pihak Facebook sudah menyediakan aplikasi Facebook Lite yang jauh lebih ringan dalam penggunaan baterai, performa dan juga memori.

Sebagai saran, kalau kalian ingin membuka media sosial Facebook, sebaiknya buka saja melalui browser, sehingga penggunaan resource di smartphone kalian dapat lebih ringan karena resource pada smartphone hanya terpakai saat kalian mengakses Facebook melalui browser.

Aplikasi Bloatware

Biasanya pada saat kalian membeli smartphone baru, kalian langsung menghapus atau menguninstall aplikasi Bloatware atau aplikasi bawaan dari smartphone yang baru kalian beli tersebut. Bahkan ada smartphone baru yang isinya 75% hanya bloatware.

Namun masalahnya, ada beberapa bloatware yang tidak dapat di uninstall namun masih dapat di nonaktifkan. Saat sudah di nonaktifkan, bloatware tersebut tidak akan mengkonsumsi daya baterai atau menimbulkan masalah performa, namun tetap saja masih tetap menghabiskan memori penyimpanan di smartphone.

Aplikasi Penambah RAM

Kalian pasti sering melihat aplikasi yang menawarkan fitur penambah RAM, aplikasi seperti ini biasanya bertujuan untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di background pada sistem operasi Android.

Advertisements

Memang dengan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di background dapat mengurangi penggunaan RAM di smartphone kalian, namun hal ini ternyata dapat berdampak negatif terhadap baterai.

Aplikasi yang ditutup harus di restart kembali dan hal ini akan memakan daya baterai yang lebih banyak, apalagi kalau kalian melakukan hal tersebut berulang-ulang.

Aplikasi Pembersih

Aplikasi pembersih juga salah satu aplikasi yang banyak ditemukan di Play Store yang sebenarnya sama sekali tidak dibutuhkan. Memang setiap aplikasi itu meninggalkan cache data pada smartphone kalian, namun sebenarnya kalian tidak membutuhkan aplikasi khusus untuk menghapus data tersebut.

Kalian hanya cukup masuk ke menu PengaturanPenyimpanan dan tap Data dalam cache untuk menghapus cache dari aplikasi yang ingin dihapus cachenya.

Aplikasi pembersih tersebut juga biasanya memiliki ukuran yang besar dan biasanya dipenuhi dengan iklan yang tidak penting, maka dari itu sebaiknya aplikasi pembersih tersebut dihapus saja dari smartphone kalian.

Aplikasi Penghemat Baterai

Smartphone Android jaman sekarang ini sebenarnya sudah memiliki mode penghemat baterai yang menjadi fitur bawaan. Lain cerita kalau kalian sudah memiliki akses root karena ada beberapa aplikasi yang memang dapat mengontrol secara langsung penggunaan baterai jika sudah memiliki akses root.

Terlebih lagi aplikasi penghemat baterai seperti ini biasanya memang gratis, namun sayangnya pasti dipenuhi oleh iklan yang malah dapat menghabiskan daya baterai dan paket data kalian.

Penutup

Jadi itulah beberapa aplikasi yang jargonnya menawarkan peningkatan performa Android namun kenyataannya malah membuat smartphone Android kalian menjadi lebih lambat.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *