Monday , November 20 2017
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Aplikasi Windows Movie Maker Palsu

Aplikasi Windows Movie Maker Palsu

foto : YouTube

Aplikasi Windows Movie Maker Palsu

lebakcyber.net – Bagi kalian para pengguna Windows 10 berhati-hatilah terhadap aplikasi Windows Movie Maker palsu yang banyak beredar di dunia maya dan jangan pernah sekali-kali mendownload software Movie Maker. Belakangan ini baru diketahui bahwa aplikasi untuk editing video buatan Microsoft tersebut sudah dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pada awal tahun 2017 lalu, Microsoft sudah mengumumkan pengehentian untuk pengembangan Windows Movie Maker yang biasanya sudah tersedia pada versi Windows Essential 2012. Walaupun sudah memberikan informasi mengenai penghentian update untuk aplikasi Windows Movie Maker tapi sepertinya masih banyak pengguna Windows 10 yang tidak tahu.

Dilansir dari halaman SlashGear, ada beberapa pengguna Windows 10 yang kaget saat mengetahui bahwa Windows 10 mereka tidak ada aplikasi Movie Maker. Dan aplikasi tersebut sudah digantikan oleh software edit video yang lain, Story Remix yang dibundling didalam Windows 10.

Hal tersebut membuat para pengguna Windows 10 mencari link alternatif agar bisa mendownload Movie Maker menggunakan mesin pencari seperti Bing dan Google.

Sayangnya hal tersebut dimanfaatkan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab yang menciptakan aplikasi tiruan. Mereka membuat sebuah website dengan tampilan yang sangat meyakinkan sehingga membuat banyak orang terkecoh dan menganggap tampilan tersebut merupakan halaman resmi Movie Maker.

Salah satu website penipu adalah www.windows-movie-maker.org yang diketahui seringkali muncul di urutan pertama pada proses pencarian menggunakan mesin pencari Bing dan Google. Dan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang membuat website tersebut juga berhasil menipu banyak orang untuk melakukan versi berbayar dari aplikasi Windows Movie Maker Palsu.

Awalnya software Windows Movie Maker palsu ini akan meminta para penggunanya untuk membayar sejumlah uang sebesar $30 atau setara dengan Rp. 400.000 untuk dapat menggunakan aplikasi Windows Movie Maker palsu dengan versi lengkap. Hal tersebut akan terus berulang setiap kali saat user ingin melakukan penyimpanan dan membuka kembali video yang sedang di editnya.

Sayangnya, walaupun user sudah melakukan pembayaran berulang kali, user tetap tidak bisa menyimpan file video yang sedang dikerjakannya.

Pemalsuan aplikasi Windows Movie Maker tersebut pertama kali diketahui oleh peneliti keamanan di ESET. Setelah pihak ESET mengetahui hal tersebut, ESET langsung memblokir situs website tersebut dan memberikan pengetahuan kepada pihak Google dan Microsoft mengenai pelanggaran yang terjadi.

Jadi bagi kalian yang menggunakan Windows 10 namun masih bergantung pada aplikasi Windows Movie Maker disarankan untuk segera berganti pada aplikasi editing video yang lain dan tidak disarankan untuk mencari alternatif link download Windows Movie Maker di internet.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *