Wednesday , October 18 2017
Home / Android / Aplikasi Untuk Tes Kinerja Smartphone Android

Aplikasi Untuk Tes Kinerja Smartphone Android

foto : antutu.com

Aplikasi Untuk Tes Kinerja Smartphone Android

lebakcyber.net – Sekarang ini banyak smartphone Android yang hadir dengan berbagai macam merk dan spesifikasi yang berbeda satu dengan lainnya. Namun tidak semua perangkat Android tersebut memiliki kualitas dan performa yang sama antara smartphone yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu diperlukan aplikasi untuk tes kinerja smartphone Android untuk mendapatkan smartphone dengan kualitas dan performa yang diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi benchmark yang bisa kalian gunakan untuk melakukan uji coba kinerja dari Smartphone Android.

  • Speed Test

Bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan internet mungkin sudah tidak asing lagi dengan speed test, yup situs website speedtest.net memberikan layanan untuk melakukan uji coba performa internet. Dengan menggunakan aplikasi speed test ini kalian bisa melakukan uji coba kecepatan upload dan download dari jaringan 3G ataupun 4G yang digunakan oleh smartphone Android kalian.

  • Linpack

Aplikasi Linpack memungkinkan kalian untuk mengukur kinerja Single Core ataupun Multi Threading dari prosesor yang digunakan oleh smartphone Android kalian. Performa dari prosesor tersebut diukur berdasarkan operasi floating point per detik dalam satuan juta (millions of floating point operations per second (MFLOPS).

  • Vellamo

Bagi kalian yang terbiasa melakukan browsing di internet ataupun bagi kalian website developer bisa memanfaatkan aplikasi Vellamo yang bisa digunakan untuk mengukur kinerja dari jaringan, rendering halaman, user experience dan juga JavaScript dari suatu halaman website.

  • Quadrant 2.0

Untuk melakukan pengukuran kecepatan CPU, I/O, dan grafis 3D atau GPU bisa menggunakan aplikasi gratis bernama Quadrant 2.0. Aplikasi Quadrant 2.0 ini menghitung nilainya dengan menggunakan engine software tersendiri.

  • Boot Benchmark

Aplikasi Boot Benchmark digunakan untuk melakukan pengujian pada kecepatan booting yang dimiliki oleh smartphone Android yang kalian miliki. Selain itu aplikasi ini juga dapat membantu kalian untuk mengetahui proses mana saja yang digunakan pada saat proses booting smartphone Android kalian berlangsung.

  • GLBenchmark

Aplikasi GLBenchmark ini bisa kalian gunakan untuk melakukan pengujian kinerja dari grafis perangkat Android yang kalian gunakan. Pengujian yang dilakukan aplikasi ini meliputi 33 jenis tes yang berbeda, termasuk animasi 3D dan pengukuran kinerja grafis low-level sampai pengukuran kemampuan layar perangkat pada resolusi HD, khususnya pada saat memainkan game di smartphone Android.

  • Antutu Benchmark

Antutu Benchmark merupakan aplikasi benchmark yang paling lengkap. Antutu Benchmark mampu mengukur kinerja dari smartphone Android kalian secara komprehensif, melalui pengujian memory performance, CPU floating poin performance, CPU integer performance, 2D/3D graphics performance, database I/O, sampai SD card reading atau writing speed. Dan pengujian tersebut menghasilkan skor yang komplit dari semua aspek perangkat Android kalian.

Itulah aplikasi aplikasi untuk tes kinerja smartphone Android yang bisa kalian gunakan untuk melakukan pengujian pada perangkat Android yang kalian miliki.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *