Saturday , July 11 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Aplikasi Untuk Mencegah Kecanduan Smartphone

Aplikasi Untuk Mencegah Kecanduan Smartphone

foto : PhoneArena

Aplikasi Untuk Mencegah Kecanduan Smartphone

lebakcyber.net – Aplikasi untuk mencegah kecanduan smartphone. Google baru saja mengeluarkan tiga buah aplikasi yang dapat membantu para pengguna smartphone mengurangi kecanduan akan smarpthonenya.

Ketiga aplikasi yang diciptakan oleh Google tersebut memiliki peran yang berbeda dan merupakan hasil dari eksperimen sebagai bagian dari Digital Wellbeing. Bahkan salah satu diantaranya menawarkan amplop khusus untuk menyimpan smartphone. Cara tersebut dinilai mampu mengurangi penggunaan smartphone.

Dan berikut ini adalah ketiga aplikasi yang diciptakan oleh Google untuk mencegah kecanduan penggunaan smartphone.

Advertisements

Envelope

Envelope yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah amplop, aplikasi ini akan benar-benar menggunakan amplop untuk menyimpan smartphone.

Nantinya smartphone pengguna akan disimpan dalam amplop khusus untuk membatasi pemakaian sehingga hanya fungsi-fungsi dasar dari sebuah telepon genggam saja yang bisa digunakan.

Advertisements

Kalian dapat mendownload aplikasi Envelope ini melalui Play Store. Selanjutnya ikuti petunjuk untuk mencetak PDF dengan pola amplop. Selanjutnya pengguna hanya perlu memasukan smartphone ke dalam amplop serta buka aplikasi Envelope.

Dengan aplikasi Envelope ini, smartphone hanya dapat digunakan untuk menelepon, mengambil foto, melihat jam dan video tanpa dapat langsung melihatnya karena perangkat tertutup oleh aplikasi envelope.

Screen Stopwatch

Aplikasi Screen Stopwatch ini nantinya akan menampilkan live wallpaper yang berisi informasi mengenai waktu yang sudah dihabiskan untuk menggunakan smartphone dalam satu hari.

Nantinya kalau smartphone dan juga layar tidak aktif atau terkunci, maka secara otomatis aplikasi Screen Stopwatch akan berhenti.

Juga sebaliknya, kalau pengguna menggunakan smartphonenya, maka secara otomatis aplikasi ini akan menghitung durasi waktu yang sudah pengguna gunakan dalam menggunakan smartphone.

Activity Bubbles

Aplikasi Activity Bubbles sebearnya mirip dengan Screen Stopwatch, namun bedanya alih-alih informasi waktu yang ditampilkan, Activity Bubbles justru menampilkan durasi berupa wujud gelembung yang akan semakin membesar sesuai dengan durasi penggunaan smartphone.

Jadi semakin lama pengguna menggunakan smartphonenya, maka gelembung tersebut akan menjadi semakin membesar. Dan lama kelamaan gelembung gelembung tersebut akan terus menumpuk sehingga memenuhi tampilan layar.

Masalah mengenai kecanduan smartphone ini yang membuat banyak penggunanya menghabiskan waktu dengan smartphonenya mendapat sorotan dunia teknologi, terutama menyangkut kesehatan mental.

Bagi kalian yang sudah kecanduan smartphone, tidak ada salahnya untuk mencoba ketiga aplikasi yang sudah dibuat oleh Google tersebut untuk mengurangi kecanduan akan smartphone.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *