Saturday , May 18 2024

Aplikasi TikTok Dituduh Agen China

Aplikasi TikTok Dituduh Agen China

Aplikasi TikTok Dituduh Agen China

lebakcyber.net – Aplikasi TikTok Dituduh Agen China. Shou Zi Chew yang merupakan CEO dari TikTok sudah menjalani rapat dengar pendapat yang dilakukan dengan DPR Amerika Serikat. Shou juga mengungkapkan langkah selanjutnya kepada para TikToker.

Dalam postingan resmi TikTok pada Minggu (26/03/2023) Chew mengatakan kalau pesan pentingnya adalah ini merupakan tanggung jawab perusahaannya agar bisa melindungi lebih dari 150 juta pengguna TikTok yang berasal dari Amerika Serikat yang cinta dan menggunakan platformnya.

Chew juga mengungkapkan 4 langkah penting yang nantinya akan dilaukan oleh TikTok. Yang pertama adalah TikTok akan memprioritaskan untuk menjaga keamanan terutama bagi para remaja. Yang kedua, TikTok akan terus melanjutkan untuk melindungi data para penggunanya dari akses pihak asing yang tidak memiliki izin.

Chew juga menambahkan kalau Data pengguna TikTok di Amerika akan disimpan di negara Amerika, oleh perusahaan yang berasal dari Amerika dan juga diawasi oleh personel Amerika.

Hal tersebut tentu menjawab ketakutan dari pemerintah Amerika Serikat. Amerika memang sempat memberikan tuduhan kalau TikTok merupakan aplikasi yang menjadi agen mata-mata China serta mengambil data dari para pengguna TikTok di Amerika, terutama dari akun pejabat atau pegawai di pemerintahan Amerika Serikat.

Yang ketiga adalah pihak TikTok juga memastikan untuk menjadi sebuah platform yang menjungjung kebebasan berekspresi serta tidak dapat dimanipulasi oleh pemerintah manapun.

Chew juga menambahkan poin keempat kalau TikTok akan transparan serta memberikan akses kepada para pemantau indepen dari pihak ketiga untuk tetap menjadi TikTok sesuai dengan komitmennya.

Chew juga mengatakan kalau dirinya memiliki niat untuk membuat TikTok menjadi platform media sosial yang paling dapat dipercaya di seluruh dunia.

Chew mengatakan kalau kepercayaan dibangun berdasarkan setiap keputusan yang pihaknya ambil.

Postingan itu sendiri berhasil mendapatkan 4,3 juta likes serta 159,3 ribu komentar. Berbeda dengan saat tampil di DPR Amerika Serikat yang berbaju formal, pada postingannya tersebut Chew mengenakan pakaian santai dengan kaos berwarna hitam serta jaket hoodie berwarna abu-abu.

Popularitas dari aplikasi TikTok sendiri sebelumnya memang membuat Amerika Serikat dan juga para sekutunya ketakutan. Hal tersebut dimulai dari Amerika, Prancis, Kanada, Belgia, Belanda, Inggris sampai Australia.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *