Friday , July 19 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Aplikasi Pemblokir Iklan di Android

Aplikasi Pemblokir Iklan di Android

foto : Shutterstock

Aplikasi Pemblokir Iklan di Android

lebakcyber.net – Para pengguna Android sering dibuat kesal dengan berbagai iklan yang muncul di sebagian aplikasi yang mereka pasang. Karena itulah, pada kesempatan kali ini lebakcyber akan sharing aplikasi pemblokir iklan di Android yang bisa digunakan.

Munculnya iklan di smartphone Android sering kali menghalangi layar. Kadang pengguna jadi tidak sengaja mengklik iklan yang muncul tersebut. Untungnya ada cara untuk menghalau iklan-iklan yang mengganggu seperti itu.

Salah satu caranya adalah dengan memasang aplikasi pemblokir iklan di perangkat. Aplikasi pemblokir iklan tersebut tidak mudah ditemukan di Play Store. Karena berdasarkan kebijakan dari Google, aplikasi pemblokir iklan merupakan aplikasi yang mengganggu, merusak dan mengacaukan cara kerja dari aplikasi lain.

Oleh sebab itulah, dibutuhkan paltform dari pihak ketiga agar dapat memasang aplikasi pemblokir iklan. Beberapa aplikasi pemblokir iklan juga tidak gratis, walaupun ada juga yang bisa di download secara cuma-cuma.

Dikutip dari halaman Android Authority, aplikasi pemblokir iklan yang komprehensif adalah yang membutuhkan root atau yang tidak memerlukan pengaturan yang rumit di perangkat Android. Dan berikut ini adalah aplikasi pemblokir iklan di Android yang bisa digunakan pada smartphone Android.

AdAway

Aplikasi AdAway menggunakan host yang dimodifikasi untuk mengirimkan semua ad request ke 12.0.0.1. Ad request akan dihitung saat situs pengguna meminta iklan untuk ditampilkan pada layar smartphone.

Dengan kata lain, cara kerja dari aplikasi AdAway adalah dengan mengusir iklan ke suatu tempat sehingga tidak muncul di layar. Aplikasi ini mendukung host yang dimodifikasi dan juga dapat mendownload basis aplikasi itu sendiri.

File host disimpan kedalam bagian read-only pada sistem Android. Itu berarti, untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus melakukan root pada smartphone Androidnya. Walaupun aplikasi ini gratis, pengguna juga dapat memberikan donasi untuk mendukung para pengembangnya.

Aplikasi AdAway tidak dapat didownload melalui play store, tapi kamu bisa mendownloadnya melalui situs f-droid.org/en/packages/org.adaway/.

Adblock Plus

Adblock Plus merupakan aplikasi pemblokir iklan yang cukup populer dikalangan para pengguna Android. Berbeda dengan aplikasi AdAway, Adblock Plus dapat bekerja dengan cara di root ataupun tanpa root. Walaupun pengguna memasang aplikasi Adblock Plus tanpa root, akan dibutuhkan tindakan ekstra agar aplikasi Adblock Plus dapat berjalan dengan baik.

Aplikasi ini bisa berjalan di background dan melakukan filter trafik web, hampir mirip dengan ekstensi browser. Adblock Plus dapat di download melalui Play Store secara gratis.

AdGuard

Aplikasi ini terbilang masih baru, bahkan masih asing di telinga para pengguna Android yang terbiasa mengoprek smartphonenya. Cara kerja aplikasi AdGuard ini hampir mirip dengan Adblock Plus, dimana aplikasi ini bekerja dibelakang layar dan memfilter trafik web.

Aplikasi ini juga dapat berjalan di smartphone tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Aplikasi ini juga membuat tab pada semua trafik web yang digunakan.

Block This

Terakhir ada aplikasi dengan nama Block This, yang mana mungkin kamu baru mendengar aplikasi yang satu ini. Cara menggunakan aplikasi ini mirip dengan setup VPN yang juga digunakan oleh Adblock Plus dan juga AdGuard.

Block This akan memblokir DNS ketimbang pelakukan penyaringan iklan. Berdasarkan keterangan dari pengembang aplikasi Block This, metode tersebut lebih hemat daya jika dibandingkan dengan aplikasi pemblokir iklan lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *