Friday , October 30 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Aplikasi PeduliLindungi Sudah Tersedia di Android

Aplikasi PeduliLindungi Sudah Tersedia di Android

foto : kumparan

Aplikasi PeduliLindungi Sudah Tersedia di Android

lebakcyber.net – Aplikasi PeduliLindungi sudah tersedia di Android. Dikutip dari halaman situs resminya, dijelaskan bahwa aplikasi pedulilindungi adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk bisa menghentikan penyebaran dari Covid-19.

Aplikasi ini diharapkan mampu melindungi kalian, orang terdekat dan juga keluarga serta diharapkan mampu menghentikan penyebaran dari covid-19 dengan mengandalkan peran masyarakat untuk saling berpartisipasi dan membagikan data lokasinya saat bepergian.

Tujuan dari aplikasi pedulilindungi tersebut adalah agar penelusuran dari hasil riwayat kontak dengan penderita covid-19 dapat dilakukan.

Advertisements

Selain melakukan proses tracing atau penelusuran, aplikasi ini juga mampu melakukan tracking atau pelacakan serta fencing atau mengurung atau mengisolasi.

Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) menjadi pihak yang nantinya akan melakukan pemantauan pergerakan yang didapat dari aplikasi pedulilindungi tersebut.

Advertisements

Kemkominfo sendiri melakukan kerjasama dengan Kementerian Kesehatan, BNPB, Kementerian BUMN dan juga beberapa operator telekomunikasi yang ada di Indonesia.

Cara Download Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi yang dapat digunakan untuk melakukan pelacakan dari persebaran Covid-19 sudah dapat di download dan juga di Install melalui smartphone Android.

Untuk bisa menginstall aplikasi ini juga sangat mudah, kalian hanya perlu masuk ke situs web https://pedulilindungi.id/ lalu klik tombol biru yang terdapat tulisan “Unduh untuk Android” untuk melakukan proses download APK.

Setelah proses download selesai, buka file APK yang sudah di download tersebut yang bernama pedulilindungi.apk.

Biasanya kalau ini pertama kalinya kalian mendownload file dengan jenis format .apk, kalian akan diminta untuk mengizinkan browser atau file manager agar mendownload file dengan format .apk tersebut.

Silahkan izinkan aksesnya selanjutnya kembali ke halaman proses instalasi. Lalu tekan tombol install untuk memulai proses instalasi aplikasi pedulilindungi.apk tersebut kedalam smartphone Android.

Jika proses instalasi aplikasi pedulilindungi.apk sudah selesai dilakukan, maka aplikasi pedulilindungi sudah siap untuk digunakan.

Bagaimana Aplikasi PeduliLindungi Bekerja?

Aplikasi pedulilindungi ini nantinya akan menggunakan data yang diproduksi oleh smartphone yang kalian gunakan dengan Bluetooth yang aktif untuk dapat merekam informasi yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Saat ada perangkat lain yang ada didalam radius Bluetooth tersebut yang juga terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukan id yang dilakukan secara anonim yang mana data tersebut akan direkam pada smartphone masing-masing pengguna.

Selanjutnya aplikasi pedulilindungi akan melakukan identifikasi dari orang-orang yang sudah pernah beradal didalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan sebagai Pasien dalam Pengawasan (PDP) atau pasien positif Covid-19.

Hal tersebut akan sangat membantu saat orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat dari perjalan yang pernah mereka lakukan dan juga dengan siapa saja dia melakukan kontak.

PeduliLindungi juga mengklaim bahwa pihaknya akan sangat memperhatikan kerahasiaan dan juga data pribadi dari para penggunanya. Dan juga data yang diterima akan disimpan dengan aman dengan format yang terenkripsi dan data tersebut tidak akan dibagiakan kepada pihak lain.

Data pengguna hanya akan diakses saat kamu berada dalam resiko tertular secara postif dari virus  covid-19, baik pengguna tersebut tahu atau tidak tahu orangnya, aplikasi pedulilindungi ini juga dapat membantu para petugas kesehatan untuk dapat menghubungi penggunanya dengan cepat jika terindikasi tertular Covid-19.

Bagi kalian yang belum menginstall aplikasi pedulilindungi, dianjurkan untuk segara menginstall aplikasi tersebut, karena kontribusi dari masyarakat mampu memudahkan pemerintah dalam memantau penyebaran dari covid-19 yang ada di Indonesia.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *