Saturday , July 4 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Aplikasi Ini Sering Bikin kuota Habis

Aplikasi Ini Sering Bikin kuota Habis

foto : EndGadget

Aplikasi Ini Sering Bikin Kuota Habis

lebakcyber.net – Aplikasi ini sering bikin Kuota habis. Kalau kalian sering merasa heran kenapa sih tiba-tiba kuota kalian cepet banget habisnya? Jangan-jangan ada aplikasi yang masih menyedot data walaupun kalian sedang tidak membukanya secara langsung.

Walaupun aplikasi tersebut tidak sedang kalian buka, beberapa aplikasi ini dapat menyedot data dalam jumlah yang besar. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah diatas? langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

YouTube

Aplikasi Ini Sering Bikin kuota Habis
foto : EndGadget

Bukan rahasia umum kalau memutar video di YouTube dapat memakan banyak kuota internet yang kalian miliki. Berdasarkan keterangan dari halaman Canstar Blue, pada saat memutar video dengan resolusi 480p dalam waktu satu jam akan memakan data sebesar 264 MB, kalau resolusi yang digunakan pada saat memutar video adalah 720p atau kualitas HD, maka saat memutar video tersebut dalam waktu satu jam akan memakan data sebesar 870 MB, dan saat memutar video dengan resolusi 1080p atau Full HD dalam waktu satu jam akan memakan data sebesar 1,65GB.

Advertisements

Untuk melakukan pencegahan pada saat memutar video di YouTube, silahkan buka aplikasi YouTube lalu sentuh menu profil yang ada di sudut kanan atas. Lalu pilih menu Pengaturan – Umum – Batasi Penggunaan Kuota Seluler. Selanjutnya, geser slide menjadi On dan kalian akan melakukan streaming video di YouTube dengan mode HD hanya pada saat terhubung ke WiFi saja.

Facebook

foto : EndGadget

Buat kalian yang sampai sekarang masih sering menggunakan jejaring sosial Facebook, walaupun pada saat aplikasi tersebut sedang tidak dibuka, namun aplikasi Facebook masih dapat menyedot kuota internet loh. Aplikasi Facebook bisa memutar video secara otomatis dan menyedot paket data yang ada.

Advertisements

Solusinya adalah dengan membatasi aplikasi untuk memutar video secara otomatis hanya pada saat terhubung dengan WiFi saja atau menonaktifkannya sekaligus.

Caranya, silahkan buka aplikasi Facebook lalu sentuh ikon tiga garis yang ada di bagian kanan atas. Selanjutnya scoll ke bagian bawa dan pilih PengaturanPengaturan AkunVideo dan FotoAutoplay. Selanjutnya silahkan pilih “On Wi-Fi Connections Only” atau “Never Autoplay Videos” untuk menonaktifkan autoplay secara keseluruhan.

Instagram

foto : EndGadget

Instagram merupakan media sosial yang berbasiskan video dan juga foto, tentu saja aplikasi ini lebih banyak menggunakan data dibandingkan dengan media sosial yang berbasiskan teks. Data kalian dapat tersedot saat video di Instagram dibuka secara otomatis. Tapi aplikasi Instagram sendiri memiliki pengaturan dimana kalian dapat mencegah preloading video saat menggunakan koneksi seluler.

Caranya silhkan buka aplikasi Instagram lalu masuk ke menu ProfilPengaturanAkunPenggunaan Data Seluler. Selanjutnya nyalakan penghemat data dan Instagram akan memutar media yang memiliki resolusi tinggi pada saat menggunakan koneksi WiFi saja, jadi tidak dengan data seluler yang kalian miliki.

Twitter

Aplikasi Ini Sering Bikin kuota Habis
foto : EndGadget

Media sosial Twitter walaupun pada dasarnya adalah media sosial berbasi teks dan berisi cuitan singkatan saja, namun di Twitter kalian juga bisa mengupload video serta foto ke akun Twitter yang kalian miliki.

Kalau sehari-harinya kalian biasa menghabiskan waktu menggunakan aplikasi Twitter, ada baiknya untuk mematikan fitur autoplay video yang ada di dalam menu pengaturan pada aplikasi tersebut.

Caranya, silahkan buka aplikasi Twitter lalu pilih Pengaturan dan PrivasiPemakaian Data. Di menu tersebut kalian dapat memilih dan mencentang mode penghematan data agar video yang ada di Twitter tidak diputar secara otomatis dan gambar yang berkualitas rendah akan dimuat.

Kalian juga bisa memilih apakah gambar atau foto yang memiliki kualitas tinggi dan juga video akan diuputar saat smartphone terhubung dengan jaringan Wi-Fi atau paket data.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *