Saturday , June 15 2024
Apa itu OSINT dan Bagaimana Sejarahnya
Apa itu OSINT dan Bagaimana Sejarahnya

Apa itu OSINT dan Bagaimana Sejarahnya

Apa itu OSINT dan Bagaimana Sejarahnya

lebakcyber.net – Apa itu OSINT dan Bagaimana Sejarahnya. OSINT adalah singkatan dari Open Source Intelligence, yaitu kegiatan mengumpulkan, menganalisis, dan menyebarkan informasi yang bersumber dari data publik yang tersedia di internet.

OSINT bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti uji tuntas, investigasi, pengamatan, dan keamanan siber. OSINT juga bisa membantu dalam mengidentifikasi potensi ancaman, peluang, dan kelemahan yang ada di lingkungan bisnis, sosial, atau politik.

OSINT bukanlah hal yang baru. Sejak Perang Dunia II, OSINT sudah menjadi salah satu alat intelijen yang digunakan oleh banyak badan keamanan nasional. Pada saat itu, sumber informasi yang digunakan adalah surat kabar, majalah, radio, dan dokumen resmi.

Dengan kemajuan teknologi informasi, sumber informasi OSINT semakin beragam dan melimpah. Kita bisa mendapatkan informasi dari blog, forum online, YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, website pemerintah, dan platform online lainnya.

Namun, tidak semua informasi yang ada di internet bisa diakses dengan mudah. Ada bagian dari internet yang disebut deep web atau dark web yang tidak terindeks oleh mesin pencari biasa seperti Google atau Bing.

Untuk mengakses bagian ini, kita perlu menggunakan perangkat lunak khusus seperti Tor Browser. Di sini kita bisa menemukan informasi yang lebih sensitif dan rahasia, seperti perdagangan obat-obatan terlarang, senjata api, data pribadi, dan aktivitas kriminal.

Untuk melakukan OSINT dengan baik, kita perlu memiliki kemampuan, keterampilan, dan daya analisis yang terstruktur dan tepat. Kita perlu bisa menentukan subjek yang ingin kita cari informasinya, memilih sumber informasi yang relevan dan kredibel, menyaring dan mengolah informasi yang didapat, dan membuat laporan atau kesimpulan yang bermanfaat.

Kita juga perlu mempertanyakan banyak hal terkait sumber informasi dan informasinya sendiri, seperti siapa penulisnya, kapan ditulisnya, apa tujuannya, apakah ada bias atau kesalahan fakta di dalamnya, apakah bisa dikonfirmasi oleh sumber lain, dan sebagainya.

OSINT adalah salah satu cara untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan dari data publik yang ada di internet. Dengan OSINT kita bisa mengetahui lebih banyak tentang dunia di sekitar kita dan membuat keputusan yang lebih baik.

Namun OSINT juga memiliki tantangan dan risiko tersendiri. Kita perlu berhati-hati dalam memilih sumber informasi yang dapat dipercaya dan tidak mudah tertipu oleh informasi palsu atau menyesatkan. Kita juga perlu menjaga privasi dan keamanan kita sendiri saat melakukan OSINT agar tidak menjadi sasaran serangan siber atau pelanggaran hukum.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *