Tuesday , September 17 2019
Home / Android / Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat

foto : Fossbytes

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat

lebakcyber.net – Setelah merilis Android Pie, Sekarang Google sudah menyiapkan Android Q Beta akan hadir di banyak perangkat non Pixel. Jumlah perangkat tersebut akan terus bertambah saat Google merilis Android Q nantinya.

Pada ajang Google I/O pada tahun 2018 lalu, Google membuat sebuah pengumuman yang cukup mengagetkan dengan menghadirkan Android Pie yang pada saat itu namanya masih Android P beta kepada sejumlah perangkat non Nexus dan Pixel.

Karena Project Treble, pengguna Nokia 7 Plus, Essential Phone, OnePlus 6, Sony Xperia ZX2, Oppo R15 Pro, Vivo X21 dan juga Xiaomi Mi Mix 2S dapat menjajal sistem operasi tersebut lebih cepat layaknya lini pada perangkat Nexus dan Pixel.

Project Treble sendiri adalah framework baru yang membuat pabrikan mampu lebih cepat, mudah dan berbiaya murah untuk membuat sebuah perangkat buatannya dapat mencicipi Android versi terbaru.

Framework tersebut pertama kali dirilis pada tahun 2017 lalu melalui Android Oreo, namun pengembangannya terus berlanjut sampai ke Android Pie, dan sekarang Anndroid Q, seperti yang dikutip pada halaman Digital Trends.

Illiyan Malchev selaku bos dari Project Treble mengatakan kalau Android Q beta akan melibatkan banyak smartphone kalau dibandingkan dengan Android Pie beta, yang dikatakannya pada sebuah podcast dengan judul Android Developer Backstage episode 110.

Malchev mengatakan kalau jumlahnya akan lebih besar pada perilisan Android selanjutnya, yang membuat dirinya sangat senang. Malchev belum mampu mengungkapkan jumlah pastinya. Namun trennya cukup positif dan juga kuat, dan itu membuat Malchev sangat senang mendengarnya.

Namun tetap saja, Google akan membuat Android Q developer preview eksklusif untuk Pixel, yang akan berjalan selama dua bulan. Lalu selanjutnya program beta akan dimulai setelah melalui masa Android preview tersebut, kemungkinan pada ajang I/O 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Mei mendatang.

Ternyata setelah perilisan Android Pie tidak lama dipasaran, ternyata Google langsung mengambil langkah selanjutnya untuk mulai mengembangkan sistem operasi Android Q beta yang nantinya setelah dirilis akan menjadi penerus dari Android Pie.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Alasan Update Android ke Versi Pie

Alasan Update Android ke Versi Pie

Alasan Update Android ke Versi Pie lebakcyber.net – Sistem Operasi Android sekarang ini sudah memasuki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *