Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Android Hadirkan Fitur Mirip AirDrop

Android Hadirkan Fitur Mirip AirDrop

foto : GSMArena

Android Hadirkan Fitur Mirip AirDrop

lebakcyber.net – Android hadirkan fitur mirip AirDrop. Google secara resmi mengeluarkan fitur baru bagi para pengguna sistem operasi Android yang memiliki kemampuan yang sama dengan AirDrop, yaitu fitur Nearby Share. Dengan menggunakan fitur Nearby Share tersebut, para pengguna Android bisa lebih mudah untuk berbagi file seperti gambar, video ataupun file-file lainnya.

Dikutip dari halaman The Verge, Rabu (05/08/2020) fitur Nearby Share tersebut baru akan tersedia bagi sejumlah perangkat Samsung dan Pixel saja. Sementara untuk perangkat Android lainnya, pihak Google mengatakan kalau fitur tersebut akan hadir dalam waktu beberapa minggu kedepan.

Fitur Nearby Share tersebut juga bisa digunakan untuk berbagi file pada perangkat yang masih menggunakan sistem operasi Android 6.0 atau yang lebih baru, dimana nantinya para pengguna bisa memiih metode yang ingin mereka gunakan untuk saling berkirim file.

Advertisements

Pihak Google mengatakan kalau fitur Nearby Share tersebut akan memanfaatkan metode apapun yang tersedia pada perangkat agar memastikan file bisa diterima dengan lebih cepat. Jadi metode yang digunakan mulai dari Bluetooth Low Energy, Bluetooth sampai WebRTC atau juga peer-to-peer Wi-Fi.

Kalau fitur Nearby Share tersebut sudah tersedia pada perangkat, pengguna hanya perlu menekan tombol Nearby Share agar bisa saling mengirimkan file. Selanjutnya pengguna hanya perlu mencari perangkat paling dekat yang menjadi tujuan.

Advertisements

Untuk sekarang ini, fitur Nearby Share tersebut hanya bisa mendukung pengiriman file antar perangkat dengan sistem operasi Android saja. Sementara kalau ingin mengirimkan file ke Chromebook, pihak Google mengatakan kalau kemampuan tersebut nanti akan dirilis dalam waktu beberapa bulan kedepan.

Mengingat kalau fitur Nearby Share tersebut hanya baru dihadirkan pada ekosistem Googel saja, pengguna jadi tidak bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk saling berkirim file ke platform lainnya seperti Mac, iOS ataupun Windows.

Walaupun belum memiliki dukungan agar dapat berbagi file secara cross platform, juru bicara Google mengatakan kalau Google memiliki rencana untuk bisa mengembangkan kemampuan fitur Nearby Share tersebut ke platform lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Google Maps Bisa Tunjukan Lokasi Corona Terparah

Google Maps Bisa Tunjukan Lokasi Corona Terparah

Google Maps Bisa Tunjukan Lokasi Corona Terparah lebakcyber.net – Google Maps bisa tunjukan lokasi Corona …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *