Monday , July 13 2020
Home » Android » Android 11 Bisa Kembalikan File Yang Terhapus

Android 11 Bisa Kembalikan File Yang Terhapus

foto : Urbanasia

Android 11 Bisa Kembalikan File Yang Terhapus

lebakcyber.net – Android 11 bisa kembalikan file yang terhapus. Sekarang ini sudah ada beberapa smartphone yang mendapatkan dukungan untuk menggunakan pembaruan Android 11 Beta.

Dan bukan hanya perangkat Pixel Series yang dibuat oleh Google saja, smartphone Xiaomi juga memiliki kesempatan untuk dapat melakukan ujicoba pada sistem operasi terbaru Android tersebut.

Seperti biasa, dimana sistem operasi terbaru biasanya menawarkan update yang signifikan kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Advertisements

Ada beberapa fitur baru yang dapat dinikmati oleh para penggunanya, salah satunya adalah fitur tempat sampah seperti recycle bin yang ada pada Windows.

Dimana file yang terhapus akan dimasukan ke tempat sampah tersebut dan saat pengguna menginginkan file yang terhapus tersebut kembali dapat mengembalikan file tersebut dengan mudah.

Advertisements

Dengan adanya fitur tersebut, pastinya para pengguna tidak akan merasa kecewa atau panik saat secara tidak sengaja menghapus file tertentu.

Berbagai aplikasi Android yang mendapatkan akses ke fitur trash tersebut nantinya bisa menampilkan berbagai file yang ada didalamnya kepada pengguna.

Berkas didalam tempat sampah Android 11 tersebut nantinya akan bisa dikembalikan kembali, namun ada batasan waktu dimana file yang terhapus tersebut akan terhapus secara permanen dari sistem.

Roxana Aliabadi selaku Product Manager Androdi mengatakan kalau masa tenggang dari penghapusan file tersebut berlaku selama 30 hari seak file tersebut dihapus. Dan sebenarnya fitur tersebut sudah ada sejak Developer Preview lalu, hanya saja pihak Google sudah melakukan sedikit perubahan pada versi beta.

Sebagai informasi tambahan bahwa pada bulan Februari tahun 2020 kemarin, pengembang aplikasi bernama Yuriy Mysochenko sudah mengupload gambar yang memperlihatkan bagaiman cara kerjanya.

Dimana pada saat file akan dikirim ke folder trash, nantinya akan ada notifikasi konfirmasi terlebih dahulu. Dan setelah itu masih dalam 7 hari dari batas maksimal sebelum file benar-benar dihapus dari sistem, belum 30 hari seperti sekarang.

Namun pada perangkat smartphone Android, sebenarnya konsep seperti itu sudah tidak asing lagi, karena Huawei dan juga Samsung sudah menawarkan fitur tersebut lebih awal pada User Interface mereka masing-masing.

Dan sekarang bagian sistem operasi Android 11 yang akan menerapkannya sebagai fitur bawaan, sehingga vendor global seperti Oppo ataupun Xiaomi dan vendor lainnya yang menggunakan sistem operasi Android memiliki kesempatan untuk menikmati fitur tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *