Friday , July 19 2019
Home / Android / Alasan Update Android ke Versi Pie

Alasan Update Android ke Versi Pie

foto : appinventiv

Alasan Update Android ke Versi Pie

lebakcyber.net – Sistem Operasi Android sekarang ini sudah memasuki versi ke 9 atau lebih dikenal dengan nama Android Pie. Dan berikut ini adalah alasan update Android ke versi Pie yang merupakan sistem operasi terbaru dari Android tersebut.

Android 9 Pie adalah sistem operasi mobile Google sebagai penerus dari Android versi 8 Oreo. tentu saja ada banyak fitur dan juga pembaruan yang di bawa pada Android Pie mulai dari tampilan sampai sistem keamanan.

Kalau kamu masih ragu untuk melakukan update ke Android 9 Pie, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu harus update Android kamu ke versi Android 9 Pie.

User Interface Lebih Berwarna

Dari segi tampilan, kalau dibandingkan dengan versi Android  Oreo, Android 9 Pie memiliki tampilan elemen yang berbeda. Ikon-ikon pada Android 9 Pie dibuat menjadi lebih berwarna dan desain dari setiap menu menampilkan model dengan pinggiran yang melengkung.

Bukan hanya itu saja, animasi dan gerakan juga diperbarui. Hal tersebut membuat Android 9 Pie menjadi tampak lebih halus, mulus dan tentu saja menjadi lebih menarik jika dibandingkan dengan Android versi sebelumnya.

Adaptive Battery

Kalau kamu merasa kalau sekarang smartphone Android kamu terasa sangat boros baterai, pada sistem operasi Android Pie memiliki fitur Adaptive Battery yang memungkinkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengoptimalkan daya tahan baterai.

Adaptive Battery akan langsung melakukan pemeriksaan aplikasi apa saja yang sering atau jarang digunakan oleh pengguna. Selanjutnya penggunaan CPU yang berlebihan pada aplikasi yang jarang digunakan akan dibatasi.

Fitur Adaptive Battery ini diklaim mampu menghemat daya baterai sampai 30% jika dibandingkan dengan sistem operasi Android versi sebelumnya.

Sistem Navigasi Terbaru

Alasan lain kenapa kamu harus updat Android ke versi 9 adalah sistem navigasi yang benar-benar baru. Kalau pada sistem operasi Android 8 Oreo kamu menggunakan tiga tombol navigasi yang ada di bagian bawah, saat menggunakan Android Pie semua tombol navigasi tersebut akan hilang dan diganti dengan model baru.

Jadi sistem navigasinya dibuat lebih simple dengan satu navigasi saja alias gestur yang dilakukan seperti geser ke kanan, kiri atau atas yang memiliki fitur masing-masing.

Mungkin saat pertama kali mencobanya kamu akan kesulitan menggunakan sistem navigasi baru tersebut, namun seiring berjalannya waktu kamu pasti akan lebih terbiasa.

Digital Wellbeing

Fitur ini sangat cocok untuk kamu yang suka menggunakan smartphone sampai berjam-jam. Digital Wellbeing berguna untuk mengurangi waktu dari penggunaan smartphone.

Fitur-fitur pendukung yang ada di Digital Wellbeing antara lain adalah app timer, do not disturb dan wind down yang secara otomatis akan mengaktifkan fitur night light dan mengubah tampilan layar menjadi grayscale sebagai pengingat kalau kamu harus tidur.

Dukungan terhadap Notch

Seperti yang diketahu kalau sekarang ini ada banyak smartphone Android yang memiliki Notch atau poni pada bagian atas smartphonenya.

Untuk mengakomodir tren tersebut, Android Pie menghadirkan simulasi notch untuk para developer agar para developer bisa melihat tampilan aplikasinya pada smartphone yang memiliki poni.

Kalau mau mencoba caranya, pertama kamu harus mengaktifkan fitur Developer Mode lalu aktifkan pilihan Simulate a display with a cutout di bagian bawah drawing.

Peningkatan Keamanan dan Privasi

Berbeda dengan Android versi sebelumnya, Android Pie memiliki sistem keamanan yang lebih ketat jika dibandingkan dengan Android versi sebelumnya terutama pada sisi enkripsi.

Bukan itu saja, Android Pie juga membatasi akses mikrofon, kamera dan juga sensor saat suatu aplikasi tidak digunakan atau hanya berjalan di belakang layar saja.

Sistem Pencarian Lebih Pintar

Google membuat Android Pie menjadi lebih pintar. Android Pie menyediakan efektivitas bagi penggunanya dengan adanya tombol activity sortcut pada beberapa aplikasi. Selain itu, aplikasi drawer juga dibuat menjadi lebih cerdas.

Misalnya saat kamu mencolokan earphone ke smartphone, nanti secara otomatis smartphone kamu akan memberikan rekomendasi dari beberapa lagu yang bisa kamu putar.

Jadi itulah beberapa alasan update Android ke versi Pie, jadi kalau kamu masih menggunakan sistem operasi Android 8 Oreo, tidak ada salahnya untuk mencoba Android Pie ini untuk pengalaman menggunakan smartphone yang baru dan juga memiliki keamanan data dan privasi yang lebih tinggi.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *