Wednesday , September 18 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Alasan Tiongkok Blokir Aplikasi WhatsApp

Alasan Tiongkok Blokir Aplikasi WhatsApp

foto : ndtv.com

Alasan Tiongkok Blokir Aplikasi WhatsApp

lebakcyber.net – Pemerintah Tiongkok kembali melakukan pemblokiran dan menutup akses terhadap WhatsApp. Alasan Tiongkok blokir aplikasi WhatsApp tersebut disebabkan karena ajang Kongres Nasional ke 19 yang akan diadakan oleh partai Komunis Tiongkok pada bulan Oktober 2017 yang akan dilaksanakan di Beijing.

Fitur enkripsi pesan yang dimiliki WhatsApp membuat resah pemerintah Tiongkok karena pesan enkripsi tersebut bisa dijadikan sebagai media propaganda bagi kalangan politikus tertentu untuk melawan pemerintahan Tiongkok.

Dengan melakukan pemblokiran terhadap aplikasi WhatsApp tersebut diharapkan tidak ada lagi media rahasia yang abisa digunakan masyarakat Tiongkok seperti WhatsApp.

Apalagi jika dilihat momen Kongres Nasional adalah momen yang sangat sensitif yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali. Maka dari itu, pemerintah Tiongkok ingin semua rangkaian acara yang akan digelar dapat berjalan dengan lancar dan baik tanpa ada gangguan politik dari kalangan tertentu.

Pemerintah Tiongkok memang kerap kali memberikan perlakuan yang ketat kepada setiap layanan internet dan juga aplikasi yang dibuat oleh perusahaan asing menjelang kongres Nasional berlangsung. Pemerintah Tiongkok juga sudah menggalakkan sistem penyaringan layanan internet bernama Great Firewall untuk memblokir konten radikal dan berbahaya.

Dengan sistem Great Firewall tersebut, Tiongkok telah meningkatkan kemampuan firewallnya agar dapat mendeteksi dan memblokir protokol NoiseSocket yang digunakan untuk melakukan pengiriman pesan melalui WhatsApp. Sebelumnya juga pemerintah Tiongkok sudah memblokir HTTP/TLS yang digunakan WhatsApp untuk berbagi foto dan video.

Pemblokiran WhatsApp oleh pemerintah Tiongkok tersebut semakin membuat panjang daftar layanan yang dimiliki oleh Facebook. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa Facebook sendiri sudah diblokir oleh pemerintah Tiongkok sejak tahun 2009 lalu. Selain itu, media sosial Instagram juga sudah diblokir oleh pemerintah Tiongkok.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Fitur Baru WhatsApp Yang Mengkhawatirkan

Fitur Baru WhatsApp Yang Mengkhawatirkan

Fitur Baru WhatsApp Yang Mengkhawatirkan lebakcyber.net – Fitur baru WhatsApp yang mengkhawatirkan. Sekarang ini WhatsApp …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *