Thursday , June 27 2019
Home / Blogging / Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Blogging

Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Blogging

foto : trikhidup.com

Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Blogging

lebakcyber.net – Kalau kamu ingin bekerja dari rumah, punya banyak waktu luang yang bisa dihabiskan bersama keluarga, teman ataupun sahabat, tidak ingin bekerja di kantoran dari jam 9 sampai jam 5, maka mulailah blogging. Kenapa harus blogging? oke-oke kali ini kita akan membahas mengenai alasan kenapa kamu harus mulai blogging kalau ingin mencapai hal-hal yang disebutkan diatas.

Blogging sendiri sudah menjadi passion dalam diri saya dan saya berharap diakhir postingan ini bisa membuat kamu terinspirasi untuk segera membuat blog. Kalau kamu sudah merasa siap untuk memulai blog atau masih kurang yakin, silahkan baca alasan kenapa kamu harus mulai blogging dibawah ini ya.

Blogging itu Mudah

Untuk memulai blog itu hanya dibutuhkan sedikit pengalaman, uang dan waktu. Kamu bisa memulainya dengan membuat self hosted wordpress dan mendaftar ke hosting lalu mulai menulis artikel kedalam blog kamu.

Itulah kenapa banyak orang yang mulai melakukan blogging. Karena hanya dibutuhkan sedikit pengetahuan dan kesempatan sukses yang besar. Mungkin kalau kamu memulai bisnis konvensional, kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, kamu harus menyewa toko, membeli produk dan melakukan promosi. Tapi kamu bisa menghindari beberapa poin tersebut kalau memiliki sebuah blog karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa toko.

Untuk membuat self hosting wordpress, kamu hanya membutuhkan biaya kurang dari 2 juta rupiah saja loh, biaya tersebut digunakan untuk menyewa hosting dan membeli template yang akan digunakan di blog kamu. Atau kamu bisa memangkas biaya yang harus dikeluarkan jika kamu menggunakan template yang gratisan. Murah bukan.

Kamu Bisa Mendapatkan Uang Dari Blog

Alasan kenapa kamu harus mulai blogging yang kedua adalah kamu bisa mendapatkan uang dari blog, yup bukan rahasia lagi kalau sekarang blog itu bisa menjadi ladang pasif income yang bisa ngasih penghasilan tambahan. Memang sih membutuhkan kerja keras dan waktu yang panjang, tapi tenang saja pada akhirnya kamu pasti akan merasakan hasilnya.

Coba aja kamu searching mengenai pendatapan para blogger setiap bulannya, kamu pasti akan kaget dan menemukan begitu banyak cerita sukses dari para blogger. Bahkan ada yang sampai mendapatkan puluhan juta rupiah loh setiap bulannya hanya dari blog yang mereka miliki.

Beberapa cara yang biasa digunakan untuk mendapatkan uang dari blog adalah :

  • Affiliate Marketing : Kamu bisa daftar untuk mengikuti program Affiliate Marketing ini ke situs Awin untuk bisa terhubung dengan ribuan perusahaan yang bekerja sama mengikuti program affiliate marketing mereka.
  • Referrals : Kamu bisa merekomendasikan pengunjung kamu ke suatu website dan mendapatkan komisi dari website yang kamu rekomendasikan tersebut.

Kamu Bisa Kerja Dimana Saja

Blogging memberikan kamu kebebasan untuk kerja dimana saja kamu suka, asalkan ada koneksi internet dan juga komputer atau laptop kamu sudah bisa blogging dimana saja. Itu artinya daripada kamu bekerja secara part time, mendingan kamu menghabiskan waktu dirumah dan juga memiliki banyak waktu untuk bisa lebih dekat dengan keluarga, teman ataupun anak-anak jika kamu sudah berumah tangga.

Contohnya saya, saya memiliki penghasilan sendiri yang didapatkan secara online, dan saat ini saya lebih banyak menghabiskan waktu saya untuk jalan-jalan keliling Indonesia agar bisa lebih menikmati hidup. Saya lebih bebas menjalani hidup yang saya inginkan, dan itulah alasan kenapa saya membuat blog, jadi saya bisa lebih bebas melakukan apapun yang saya inginkan.

Setelah kamu membuat sebuah blog, kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis kamu dan bahkan kamu bisa menjadi penulis online yang akan dibayar oleh website atau blog yang akan menggunakan tulisan kamu. Enak bukan, hehehe.

Kamu Bisa Mendapatkan Skill Baru

Setelah kamu memulai blogging, kamu pasti akan lebih pintar, ini serius loh bukan bercanda. Kamu akan mulai belajar mengenai cara melakukan hosting website, menulis kontent, belajar mengenai Search Engine Optimization (SEO) agar tulisan di blog kamu dikenal oleh Google, belajar tentang sosial media marketing, membangun komunitas dan banyak lagi deh ilmu-ilmu baru yang bisa kamu dapatkan setelah blogging.

Skill dan ilmu diatas bukan hanya berguna bagi diri kamu sendiri, tapi ilmu-ilmu itu juga bisa kamu bagikan ke orang lain dan membuat mereka mendapatkan informasi yang bermanfaat dari ilmu yang kamu bagikan. Contohnya website lebakcyber.net, teman saya Firdan Ardiansyah membuat web ini dengan tujuan membagikan ilmu komputer yang dia miliki ke temen-temen semua.

Kamu Bisa Menolong Orang Lain

Untuk saya pribadi, alasan yang paling penting kenapa saya mulai blogging adalah terbukanya kesempatan bagi saya untuk menolong orang lain. Saat saya bekerja sebagai karyawan suatu perusahaan, saya tidak bisa membatu atau memberikan nilai pada orang lain. Saya kurang meningkatkan skill dan membantu orang lain. Namun setelah saya memulai blogging, saya bisa share pengalaman-pengalaman saya dan memberikan masukan pada semua orang diseluruh dunia.

Dan setidaknya saya berharap kalau tulisan saya ini bisa memberikan informasi kepada para pengunjung setia lebakcyber.net. Walaupun saya bisa menolong seseorang hanya dengan cara yang sederhana, saya bisa merasakan kepuasan tersendiri bagi diri saya sendiri.

Kamu Akan Membuat Teman Baru

Kalau kamu masih sekolah atau kuliah, mungkin ini bukan masalah besar karena kamu pasti memiliki banyak teman. Tapi coba membuat relasi atau teman baru di saat kamu sudah dewasa itu akan terasa lebih sulit loh. Karena kamu memiliki waktu yang lebih sedikit untuk membuat pertemanan baru karena semua orang pasti memiliki kesibukannya masing-masing dan waktu kita ataupun mereka menjadi lebih sedikit.

Sejak saya memulai blogging, saya bisa bertemu banyak blogger-blogger lainnya yang bisa saya sebut sebagai teman-teman baru saya. Dengan teman-teman baru saya di dunia blogging ini saya merasakan kesenangan dan juga bisa sharing mengenai dunia blogging. Ada kepuasan tersendiri saat saya dan teman-teman blogging itu membahas mengenai perjuangan kita didunia blogging.

Kalau kamu seorang blogger tapi kamu menemukan kesulitan untuk berhubungan dengan orang lain. Kamu bisa mencoba untuk bergabung dengan group blogger yang ada di Facebook, itu merupakan cara yang sempurna untuk bisa berhubungan dengan blogger lainnya dan saling berbagi mengenai konten yang kamu buat.

Kamu Bisa Lebih Meningkatkan Kehidupanmu

Alasan yang terakhir ini baru saya sadari beberapa waktu lalu, blogging (atau menulis konten) benar-benar telah membantu saya dalam mengurangi stress dan juga saya merasa kalau mengurus konten, tampilan dan trik-trik lainnya didunia blogging sangat membantu saya menghindari stress.

Kamu bisa baca-baca tulisan mengenai bagaimana blog sudah merubah kehidupan seseorang yang bisa kamu temukan di internet. Tentu saja, ngeblog tidak bisa membuat semua stress yang kamu punya hilang, tapi blogging merupakan salah satu terapi yang sangat baik untuk menghindari stress karena kamu bisa fokus pada satu tujuan saat mengurus blog kamu.

Memulai blog itu seperti membuat hobi baru, karena bisa memberikan kamu energi baru dan membantu kamu melewati waktu-waktu yang sulit dalam menjalani kehidupan. dan seperti yang sudah saya tulis diatas, blogging memperkenalkan kamu pada dunia baru dan juga orang-orang baru yang selalu ada untuk kamu saat kamu membutuhkan mereka. Beneran deh, memulai blog itu akan memberikan banyak manfaat buat kamu. Dan sekarang kamu jadi tahu alasan kenapa kamu harus mulai blogging kan.

Akhirnya kita sampai pada akhir pembahasan mengenai alasan kenapa kamu harus mulai blogging dan saya berharap kalau tulisan saya ini bisa memberikan inspirasi bagi kamu yang ingin memulai blogging ya. Poin-poin diatas hanyalah sedikit saja alasan kenapa saya memilih untuk memulai blogging, tapi yang menarik dari blogging adalah semua orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda saat menjalaninya.

About Karina Karenina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *