Monday , November 20 2017
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Alasan Kenapa Kamu Harus Menutup Webcam di Laptop

Alasan Kenapa Kamu Harus Menutup Webcam di Laptop

foto : bt.com

Alasan Kenapa Kamu Harus Menutup Webcam di Laptop

lebakcyber.net – Pada pembahasan kita mengenai sisi gelap internet kali ini, kita akan membahas mengenai alasan kenapa kamu harus menutup webcam di laptop yang kamu miliki. Pada tahun 2016 lalu dunia sempat dihebohkan oleh kasus dihacknya akun Twitter Mark Zuckerberg. Untuk menghindari hal yang sama, Mark akhirnya menutup webcam pada laptopnya dengan menggunakan selotip dan lebih berhati-hati lagi.

Kalau kamu paranoid dan takut kalau aktivitas kamu dimata-matai oleh orang lain, mungkin menutup webcam pada laptop kamu bisa jadi salah satu cara yang efektif. Karena itulah pada pembahasan kita mengenai alasan kenapa kamu harus menutup webcam di laptop kali ini akan dijabarkan beberapa alasannya.

Menghindari Orang Cabul

Kamar adalah salah satu ruangan didalam rumah yang menjadi privasi pribadi kamu, mungkin kamu pernah membuka baju di depan laptop yang terbuka didalam kamar bukan? Mungkin kamu berpikir kalau aman-aman saja membuka baju saat berada didalam kamar, tapi bukan tidak mungkin kalau ada orang yang sedang mengintai kamu lewat webcam yang ada pada laptop kamu.

Menghindari Pemerasan Oleh Orang Lain

Mungkin kamu berpikir kalau foto kamu aman dan tidak akan masuk kedalam transaksi Deep Web, tapi apa jadinya kalau foto atau video kamu yang direkam menggunakan webcam yang ada di laptop kamu oleh orang yang tidak bertanggung jawab dijadikan media untuk memeras kamu. Hal itu bukan tidak mungkin terjadi loh.

Penyadapan Oleh Orang Lain

Bukan tidak mungkin kalau teman atau pacar kamu menginstall software RAT (Remote Administration Tool) yang bisa menyadap dan melihat semua aktifitas kamu saat menggunakan komputer. Kalau sudah begitu, semua kegiatan yang kamu lakukan didepan laptop bisa diketahui dengan sangat mudah.

 Pengumpulan Data Oleh Organisasi

Bukan rahasia lagi kalau Webcam dan microphone yang ada dilaptop kamu bisa digunakan sebagai media untuk merekam semua aktifitas kamu. Jadi sebaiknya bukan cuma menutup webcam pada laptop, jangam lupa juga untuk menonaktifkan microphone laptop jika ingin aman dari ancaman hacker.

Oke jadi itulah beberapa alasan kenapa kamu harus menutup webcam pada laptop kamu. Karena sudah banyak kasus yang terjadi dan memakan korban karena semua aktifitas yang mereka lakukan direkam oleh webcam yang sudah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *