Tuesday , February 19 2019
Home / Android / Alasan Jangan Install Aplikasi Gratis Sembarangan

Alasan Jangan Install Aplikasi Gratis Sembarangan

foto : techcrunch.com

Alasan Jangan Install Aplikasi Gratis Sembarangan

lebakcyber.net – Semua yang namanya gratis itu memang enak. Siapa coba yang gak suka sama hal yang gratisan? Bahkan kalau bisa kamu ingin semua hal yang ada didunia ini menjadi gratis. Hal itu juga berlaku bagi para pengguna smartphone, mereka banyak menginstall aplikasi gratis secara sembarangan tanpa mengetahui bahayanya, dan berikut ini adalah alasan jangan install aplikasi gratis sembarangan di smartphone yang kamu miliki.

Kalo ngomongin soal gratisan, di Play Store sendiri ada begitu banyak aplikasi yang bisa didownload secara gratis. Tapi jangan asal download dan pakai aplikasi aja ya, mentang-mentang gratisan kamu download sebanyak-banyak aplikasi ke smartphone kamu tanpa mengkhawatirkan masalah yang bisa ditimbulkan oleh aplikasi gratisan tersebut. Karena tidak sedikit loh ada aplikasi gratisan yang didalamnya terdapat perintah yang berbahaya yang bisa mengancam smartphone dan data yang kamu simpan didalamnya. Berikut ini akan kita bahas alasan jangan install aplikasi gratis sembarangan.

Resiko Pengumpulan Data

Beberapa aplikasi yang ada di Play Store menyediakan Privacy Policy yang ada di aplikasi mereka, misalnya Google Maps yang meminta ijin untuk mengakses lokasi. Nah kalau kamu mendownload aplikasi gratisan yang tidak memiliki Privacy Policy, kamu harus mulai waspada dan hati-hati terhadap aplikasi tersebut.

Beberapa aplikasi gratisan meminta permission pada saat diinstall, sebaiknya permission tersebut kamu baca dulu dan jangan asal setuju saja. karena kamu gak tau kan data di smartphone kamu dikumpulkan untuk apa? Siapa yang tahu kalau data smartphone kamu dijual kepada pihak ketiga, para pengiklan misalnya.

Rawan Terhadap Serangan Malware

Aplikasi gratisan yang kamu download biasanya mengandung iklan saat kamu menggunakan aplikasi tersebut, tapi tahukah kamu bahwa gak semua iklan yang ditampilkan diaplikasi tersebut aman loh. Karena ada beberapa iklan yang didalamnya terdapat malware yang bisa menyerang smartphone kamu. Karena perusahaan sekesal Google Adsense saja pernah disisipi oleh iklan jahat didalamnya yang berisi malware yang bisa mencuri data perbankan para penggunanya, apalagi aplikasi gratisan yang mengandalkan semua platform iklan untuk bisa mendapatkan keuntungan.

Ngabisin Pulsa

Pulsa dan quota internet merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, karena kamu bisa membeli quota internet dengan menggunakan pulsa. Tapi pernah gak kamu ngalamin hal seperti quota internet yang kamu punya tetap utuh tapi pulsa kamu tiba-tiba habis? Nah hal tersebut perlu dicurigai tuh, karena ada beberapa aplikasi gratisan yang disisipi oleh iklan yang memberikan layanan VAS (Value-Added Service) dari operator berupa iklan banner. Biasanya kalau iklan tersebut secara tidak sengaja terpencet, maka kamu secara otomatis akan berlangganan konten SMS berbayar.

Boros Quota Internet

Tahu gak kamu kalau data statistik menunjukan kalau 80 persen penggunaan quota internet di smartphone dihabiskan oleh iklan? Bukan cuma iklan waktu kamu browsing sebuah website, hal itu juga berlaku sama pada iklan yang ada di aplikasi. karena iklan yang tampil tersebut di-push oleh sistem melalui internet. Makanya kalau kamu install banyak aplikasi di smartphone kamu, bisa dipastikan quota kamu akan cepat habis karena banyaknya iklan yang ditampilkan oleh aplikasi tersebut.

Oke jadi itulah alasan jangan install aplikasi gratis sembarang di smartphone kamu, ada baiknya kalau mau download aplikasi gratisan kamu baca dulu Privacy Policy yang mereka buat. Kalau aplikasi gratis yang kamu download tidak memiliki Privacy Policy, kamu harus mulai waspada tuh terhadap aplikasi tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *