Saturday , September 26 2020
Home » The Lounge » News » Alasan India Blokir Aplikasi Buatan China

Alasan India Blokir Aplikasi Buatan China

foto : India TV News

Alasan India Blokir Aplikasi Buatan China

lebakcyber.net – Alasan India blokir aplikasi buatan China. Pemerintah India sudah memutuskan untuk melakukan pemblokiran pada aplikasi buatan China seperti Mobile Legends yang merupakan salah satu game MOBA ternama. Selain itu ternyata ada juga beberapa aplikasi buatan China yang diblokir.

Setidaknya ada sebanyak 59 aplikasi yang merupakan buatan China yang masuk kedalam daftar pemblokiran oleh pemerintah India. Dan Mobile Legends serta TikTok adalah salah satu diantara beberapa aplikasi tersebut.

Tapi kenapa pemerintah India sampai mengeluarkan larangan kepada aplikasi-aplikasi tersebut? Pelarangan atau pemblokiran tersebut bukan hanya mengenai memanasnya konflik perbatasan kedua negara tersebut.

Advertisements

Dilansir dari halaman India Today, Pemerintah India mengumumkan bahwa mereka sudah melarang 59 aplikasi buatan China pada Senin malam (29/06/2020). Pemerintah India mengatakan kalau aplikasi-aplikasi tersebut sudah terlibat pada kegiatan yang merugikan integritas, kedaulatan dan juga pertahanan India.

Pemerintah India juga mengatakan bahwa Kementerian Teknologi Informasi India menerima adanya banyak representasi yang menimbulkan kekhawatiran dari warganya yang berhubungan dengan keamanan data dan juga resiko kepada privasi yang berhubungan dengan pengoperasian pada aplikasi-aplikasi tersebut.

Advertisements

Pemerintah India juga menyakan kalau langkah untuk melakukan pemblokiran kepada aplikasi-aplikasi buatan China tersebut bisa melindungi jutaan pengguna smartphone dan juga internet di India.

Popularitas aplikasi buatan China mengalami penurunan setelah bentrokan galwan yang mengakibatkan timbulnya korban diantara kedua belah pihak. Berdasarkan data yang didapat dari AppFollow menunjukan kalau popularitas aplikasi seperti TikTok di India menuruna akibat ketegangan yang terjadi di Ladakh pecah.

Aplikasi TikTok tersebut sebelumnya berada pada peringkat 5 yang ada pada sepuluh aplikasi gratis teratas pada platform Apple di India sebelum terjadinya perselihan tanggal 5 Mei yang terjadi antara pasukan China dan juga India. Akibatnya sebulan kemudian aplikasi TikTok turun menjadi nomor 10 pada App Store.

Sedangkan para pengguna Android, Aplikasi TikTok tersebut juga mengalami penurunan dari yang sebelumnya berada di nomor 3 ke nomor 5, namun aplikasi TikTok masih tetap masuk kedalam daftar 10 besar aplikasi populer di India.

India sendiri bukan menjadi satu-satunya negara yang memutuskan untuk melarang aplikasi yang merupakan buatan China. Jerman dan juga Taiwan juga sempat melarang beberapa aplikasi buatan China tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *