Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Akhir Tahun ini Huawei Akan Rilis Smartphone dengan HarmonyOS

Akhir Tahun ini Huawei Akan Rilis Smartphone dengan HarmonyOS

foto : HowToGeek

Akhir Tahun ini Huawei Akan Rilis Smartphone dengan HarmonyOS

lebakcyber.net – Akhir tahun ini Huawei akan rilis Smartphone dengan HarmonyOS. Pihak Huawei dikabarkan akan segera mengeluarkan update pada sistem operasi yang mereka miliki yang juga dikenal dengan nama HarmonyOS.

Menariknya, sistem operasi HarmonyOS tersebut akan digunakan pada berbagai perangkat, salah satunya adalah smartphone. Hal tersebut pastinya bisa menjadi debut perdana sistem operasi Harmony OS pada perangkat smartphone.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya kalau sekarang ini pihak Huawei sudah tidak lagi menggunakan layanan yang diberikan oleh Google akibat Entity List yang sampai sekarang ini masih diberlakukan.

Advertisements

Oleh karena hal tersebut, walaupun Huawei masih dapat menggunakan sistem operasi Android, namun beberapa layanan milik Google seperti maps, email, dan juga beberapa layanan lainnya tidak lagi bisa digunakan.

Saat hal tersebut terjadi, diperkirakan kalau HarmonyOS akan menjadi sistem operasi pengganti pada smartphone yang dibuat oleh Huawei. Tapi sayangnya hal tersebut belum terjadi sampai sekarang ini.

Advertisements

Ma Jihua yang merupakan seorang analis yang dikabarkan dekat dengan Huawei mengatakan kalau Huawei kemungkinan akan merilis sistem operasi HarmonyOS yang dapat digunakan pada smartphone pada akhir tahun ini.

Pada saat yang bersamaan, perusahaan yang berasal dari China tersebut juga dikabarkan akan memperkenalkan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi HarmonyOS tersebut.

Dikutip dari halaman Gizchina (21/08/2020), Huawei juga diduga kuat akan memberikan informasi detail mengenai rencana tersebut pada acara Huawei Developers Conference 2020 nanti. Dimana acara tersebut rencananya akan berlangsung pada tanggal 10 sampai dengan 12 September 2020 ini.

Bukan hanya pada smartphone saja, sistem operasi HarmonyOS juga kemungkinan akan mampu berjalan pada perangkat PC, tablet dan juga Smartwatch.

Sebagai informasi tambahan bahwa beberapa waktu yang lalu, lisensi semetara yang diberikan oleh Google kepada pihak Huawei sudah berakhir. Hal tersebut membuat smartphone yang dikeluarkan oleh Huawei sudah tidak bisa lagi mendapatkan update sistem operasi Android.

Belum lagi dengan adanya kendala pada hardware yang dikabarkan semakin menipis. Walau begitu, pihak Huawei memastikan kalau perangkat yang sudah terlanjur meluncur sampai sebelum lisensi tersebut berakhir masih akan tetap mendapatkan update sistem operasi Android.

Akibat dari beberapa hal tersebut, kemungkinan pihak Huawei akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi HarmonyOS. Walau begitu, kabar tersebut masih rumor semata. Dan sampai berita ini dirilis belum ada tanggapan resmi dari pihak Huawei mengenai isu tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Asisten Pintar Celia Tersedia di Huawei P40 Series

Asisten Pintar Celia Tersedia di Huawei P40 Series

Asisten Pintar Celia Tersedia di Huawei P40 Series lebakcyber.net – Asisten pintar Celia tersedia di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *