Wednesday , December 19 2018
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Adobe Buat Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Foto Palsu

Adobe Buat Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Foto Palsu

foto : adobe

Adobe Buat Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Foto Palsu

lebakcyber.net – Adobe buat kecerdasan buatan untuk deteksi foto palsu. Selain mempermudah proses pengeditan foto dan juga video dengan menggunakan kecerdasan buatan, ternyata kecerdasan buatan juga bisa digunakan untuk mengetahui foto yang sudah mengalami proses pengeditan.

Perkembangan kecerdasan buatan yang semakin memudahkan pengguna untuk melakukan proses editing foto dan video membuat banyak pihak menjadi cemas, karena tidak menutup kemungkinan foto atau video yang sudah diedit tersebut diubah sedemikan rupa menjadi foto-foto hoax yang banyak tersebar di internet. Dan untungnya saat ini Adobe sedang mengembangkan kecerdasan buatan untuk menangkal hal tersebut.

Adobe sendiri saat ini sedang mengembangkan machine learning yang dapat digunakan untuk menemukan foto yang sudah diedit. Teknologi tersebut dipamerkan pada acara CVPR Computer Vision Conference yang menunjukan kalau proses digital forensic yang biasanya dilakukan oleh manusia, sekarang bisa dilakukan oleh mesin dan waktu prosesnya menjadi jauh lebih cepat.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia dalam bentuk produk komersial, tatap saja kabar tersebut menarik perhatian warganet, Apalagi yang mengembangkannya adalah Adobe yang sudah memiliki nama besar dalam masalah editing foto atau video.

Pihak Adobe sendiri sudah mengakui penelitian mengenai teknologi tersebut masih dalam tahap awal. Namun pada masa yang akan datang, pihak Adobe ingin memiliki peran utama dalah mengembangkan teknologi yang mampu memantau dan melakukan verifikasi keaslian dari sebuah konten digital.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *