Wednesday , December 11 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Ada Iklan Penambang Bitcoin di Youtube

Ada Iklan Penambang Bitcoin di Youtube

foto : elbitcoin.org

Ada Iklan Penambang Bitcoin di Youtube

lebakcyber.net -Minggu lalu ada keluhan dari beberapa pengguna Youtube mengenai antivirus di komputernya. Dimana antivirus yang mereka gunakan selalu mendeteksi adanya script penambang cryptocurrency setiap kali mereka mengunjungi situs layanan Youtube tersebut. Setelah diselidiki ternyata ada iklan penambang bitcoin di Youtube yang mana terdeteksi oleh antivirus.

Berdasarkan hasil penyelidikan dari firma security siber Trend Micro, diketahui bahwa Coinhive telah disisipkan oleh hacker kedalam jaringan iklan Google, salah satunya adalah penayangan iklan yang ada di Youtube.

Trend Micro sendiri melaporkan bahwa para hacker yang melakukan hal tersebut menggunakan fitur Double Click Google yang mengembangkan dan menyediakan layanan iklan di internet untuk mendapatkan trafik, diberitakan pula bahwa script berbahaya tersebut sudah menginfeksi iklan Google di Perancis, Taiwan, Italia, Jepang dan juga Spanyol.

Advertisements

Double Click sendiri merupakan salah satu jenis iklan di google dan terbesar di dunia yang sudah digunakan oleh Google sejak tahun 2007 lalu. Double Click sendiri merupakan salah satu jaringan iklan online yang dibeli oleh Google sebesar 3,1 milliar dollar AS dan menjadi salah satu alasan dibalik dominasi Google dalam hal online advertising.

Sekarang ini jaringan iklan Google sudah menjangkau 250 juta viewer unik hanya untuk Amerika Serikat saja. Dengan angka sebesar itu, tidak sedikit para kriminal di dunia siber yang tertarik untuk memanfaatkan iklan Double Click untuk tujuan jahat, salah satunya adalah menyisipkan script untuk menambang cryptocurrency.

Pihak Google sendiri sudah mengeluarkan pernyataan mengenai hal tersebut, Google mengakui bahwa iklannya sempat disusupi script penambang cryptocurrency oleh para hacker untuk tujuan yang tidak baik. Walaupun begitu disebutkan pula bahwa masalah tersebut sudah berhasil diatasi.

Advertisements

Iklan-iklan yang terdapat script penambang cryptocurrency sudah diblokir oleh Google dalam waktu dua jam saja, dan para oknum dibelakangnya sudah dikeluarkan dari platform Google seperti yang dikutip dari halaman ArsTechnica pada senin (29-01-2018) lalu.

Mengenal Cryptojacking

Penyisipan script untuk melakukan penambangan Cryptocurrency seperti bitcoin yang dilakukan secara diam-diam dikenal denga istilah Cryptojacking, dan cryptojacking merupakan salah satu bentuk baru dari kejahatan siber.

Cryptojacking sendiri memiliki tujuan untuk menyisipkan script untuk menambang mata uang virtual seperti bitcoin secara diam-diam di komputer yang menjadi korbannya tanpa sepengetahuan dari sang pemiliki komputer itu sendiri.

Setelah berhasil menyisipkan scriptnya kedalam komputer yang menjadi korban, script penambang cryptocurrency akan memulai aktivitas mining dengan memanfaatkan sumber daya dari komputer yang menjadi korbannya.

Didalam kasus pada iklan Google ini para penambang cryptocurrency yang disisipkan adalah coinhive dalam bentuk javascript. Dimana saat aktif, script tersebut akan menggunakan 80% dari sumberdaya CPU yang menjadi korbannya dan menyebabkan menurunnya kinerja sistem secara drastis.

Apalagi jika dilihat ada begitu banyaknya pengguna Youtube, membuat para hacker berfikir untuk memanfaatkan sumber daya dari para pengguna layanan Youtube tersebut yang jika digabungkan bisa menjadi ratusan ribu komputer yang bisa mereka manfaatkan untuk melakukan proses mining Cryptocurrency.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Cara YoutuBe Mencegah Pedofil

Cara YoutuBe Mencegah Pedofil

Cara YoutuBe Mencegah Pedofil lebakcyber.net – Cara Youtube mencegah pedofil salah satunya adalah dengan menutup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *