Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Ada Enam Celah Keamanan Di WhatsApp

Ada Enam Celah Keamanan Di WhatsApp

foto : TechRadar

Ada Enam Celah Keamanan Di WhatsApp

lebakcyber.net – Ada enam celah keamanan di WhatsApp. WhatsApp memberikan informasi mengenai keberadaan pada enam celah keamanan yang ada pada aplikasi berbagi pesan tersebut, dan sekarang semua celah keamanan tersebut sudah ditambal.

Celah tersebut sendiri diketahui berdasarkan laporan yang berada pada sebuah situs khusus keamanan yang disediakan oleh WhatsApp dan rencananya untuk kedepan akan menjadi sumber informasi mengenai semua update dan juga Common Vulnerabilities and Exposure (CVE).

Dikutip dari halaman TechCrunch, Minggu (06/09/2020), lima dari enam keamanan yang terungkap tersebut langsung di tambal pada hari yang sama pada saat ditemukan. Sementara untuk satu celah keamanan lagi baru dapat ditambal beberapa hari berikutnya.

Advertisements

Walau begitu tidak menutup kemungkinan mengenai celah tersebut para hacker sebelumnya sudah pernah mengeksploitasi celah tersebut. Tapi pihak WhatsApp mengaku kalau mereka tidak menemukan sebuah bukti kalau celah keamanan tersebut sudah pernah dieksploitasi.

Sepertiga dari semua celah keamanan yang diketahui tersebut didapat dari Bug Bounty Program yang diselenggarakan oleh pihak WhatsApp. Dan untuk sisanya ditemukan berdasarkan hasil dari pengecekan rutin dan juga oleh sistem otomatisasi yang WhatsApp miliki.

Advertisements

Perbaikan dan juga pencarian untuk celah keamanan merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi aplikasi sebesar WhatsApp, apalagi karena mereka memiliki pengguna yang jumlahnya sangat banyak yang mencapai angka dua miliar pengguna dari seluruh negara. Dan banyaknya orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp terebut membuat WhatsApp menjadi incaran para hacker yang ingin mencari celah.

Website yang digunakan oleh pihak WhatsApp untuk mempublikasikan pembaruan keamanan dan juga berbagai informasi lainnya tersebut merupakan bagian dari usaha transparansi WhatsApp kepada celah keamanan yang ada pada aplikasi yang dimiliki oleh Facebook tersebut.

Facebook mengatakan kalau mereka sangat berkomitmen mengenai transparansi dan juga daftar web ini dapat membantu komunitas teknologi secara luas untuk mendapatkan keuntungan dari kemajuan terbaru mereka dalam hal keamanan.

Pihak Facebook juga sangat menganjurkan kepada semua pengguna agar memastikan kalau mereka selalu memperbarui aplikasi WhatsApp yang mereka gunakan dan juga melakukan update kepada sistem operasi pada smartphone mereka masing-masing setiap kali ada pembaruan.

Selain itu menurut WhatsApp bahwa situs tersebut merupakan permintaan dari banyak penggunanya yang meminta agar WhatsApp memberikan pusat informasi untuk dapat memantau celah-celah keamanan yang ada pada aplikasi berbagi pesan tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Ujicoba Integrasi Facebook dan Instagram

Ujicoba Integrasi Facebook dan Instagram

Ujicoba Integrasi Facebook dan Instagram lebakcyber.net – Ujicoba integrasi Facebook dan Instagram. Beberapa waktu yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *