Tuesday , February 19 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Ada Bug WA Pada Pesan Yang Sudah Dihapus

Ada Bug WA Pada Pesan Yang Sudah Dihapus

foto : Mirror

Ada Bug WA Pada Pesan Yang Sudah Dihapus

lebakcyber.net – Ada bug WA pada pesan yang sudah dihapus. Aplikasi berbagi pesan WhatsApp memungkinkan para penggunanya untuk menghapus pesan yang sudah dikirim. Fitur yang dimaksud adalah “delete for everyone”.

Dimana dengan menggunakan fitur tersebut, pengguna WhatsApp dapat menghilangkan pesan sehingga pesan yang dihapus tersebut tidak dapat dilihat atau dibaca oleh penerima pesan karena pesan yang dikirim sudah dihapus.

Tapi penggunaan fitur tersebut dibatasi oleh waktu yang artinya tidak semua pesan yang salah kirim dapat dihapus sesuai keinginan si pengirim. Pengguna hanya dapat menghapus pesan yang dikirim maksimal satu jam setelah pesan dikirim.

Dengan demikian pengguna tidak dapat seenaknya menghapus pesan yang sudah dikirim. Walaupun begitu, ternyata baru-baru ini ditemukan adanya sebuah bug yang menyimpan kembali chat WhatsApp yang sudah dihapus.

Hal tersebut diperkuat oleh fitur pencadangan WhatsApp yang biasanya dilakukan secara otomatis setiap jam 02.00 setiap malam. Pilihan backup menjadi waktu untuk mengeksploitasi bug tersebut.

Dikutip dari halaman Mirror, cara membuat pesan yang dihapus bisa kembali terbaca adalah dengan menghapus aplikasi WhatsApp lalu menginstall kembali aplikasi WhatsApp di smartphone.

Saat hal tersebut dilakukan, arsip chat akan kembali dipulihkan dari proses backup dan pesan yang dihapus akan kembali muncul. Pada bulan ini saja sejumlah pengguna WhatsApp mengklaim adanya bug yang menghilangkan pesan-pesan lama.

Bug tersebut pertama kali muncul pada tahun lalu dan cara kerjanya adalah dengan membersihkan pesan dalam uturan kronologis mulai dari yang paling lama.

Menurut Mirror, pihak WhatsApp akan segera mengeluarkan update untuk mengatasi bug yang memungkinkan pesan WhatsApp yang sudah dihapus tersebut dapat dibaca kembali.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *