Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » News » Ada Bug di Google Drive

Ada Bug di Google Drive

foto : Google Drive

Ada Bug di Google Drive

lebakcyber.net – Ada bug di Google Drive. Para peretas dikabarkan sudah menemukan sebuah celah keamanan pada salah satu aplikasi yang dibuat oleh Google, yaitu Google Drive. Para peretas tersebut bisa menggunakan celah keamanan tersebut agar dapat mengarahkan para pengguna untuk mendownload sebuah file yang berbahaya ke PC atau perangkat mereka.

Para peretas juga dapat melakukan masking link download kepada para pengguna aplikasi Google Drive. Misalnya sebagai contoh para peretas bisa menampilkan pengguna sebuah foto kucing, namun ternyata saat di download para pengguna Google Drive tersebut malah mendownload file berbahaya.

Dilaporkan dari EndGadget, dikabarkan kalau pihak Google tidak melakukan pemeriksaan apakah suatu file memiliki jenis yang sama atau juga menggunakan ekstensi yang sama. Sehingga hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh para peretas dengan memanfaatkan celah tersebut agar bisa melakukan aksi mereka.

Advertisements

Pratinjau online juga tidak memberikan isyarat perubahan apapun kalau hal tersebut terjadi. Jadi para penggun kemungkinan tidak mengetahui apakah ada file yang bermasalah atau tidak sampai mereka mendownload dan juga membuka file tersebut.

Para peneliti di bidang keamanan yang telah menemukan bug tersebut sudah memberikan pihak Google peringatan mengenai adanya celah keamanan tersebut. Namun sampai tanggal 22 Agustus lalu pihak Google masih saja belum mengeluarkan update agar bisa menambal bug tersebut.

Advertisements

Jadi kalau kalian ingin mendownload sebuah file yang berasal dari link Google Drive, ada baiknya untuk lebih berhati-hati lagi sebelum mendownload file tersebut. Lebih lagi kalau kalian sering mendownload file yang berasal dari situs yang tidak dikenal, kalian harus lebih ekstra hati-hati lagi.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *