Saturday , May 25 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Ada Aplikasi WhatsApp Palsu di Play Store

Ada Aplikasi WhatsApp Palsu di Play Store

foto : metro.co.uk

Ada Aplikasi WhatsApp Palsu di Play Store

lebakcyber.net – Dari berbagai macam aplikasi yang bisa didownload di Play Store, namun ternyata ada berbagai macam aplikasi palsu yang beredar di Play Store. Parahnya lagi, ada aplikasi WhatsApp palsu di Play Store yang sudah didownload lebih dari satu juta kali.

Untungnya aplikasi tersebut diketahui oleh pihak Google, dan Google pun sudah menghapus aplikasi WhatsApp palsu tersebut dari daftar. Awal mula diketahuinya aplikasi WhatsApp palsu yang berada di Play Store tersebut diketahui oleh salah satu anggota forum Reddit.

Aplikasi WhatsApp palsu tersebut menggunakan nama Update WhatsApp dan juga menggunakan logo asli sehingga dapat mengelabui para pengguna Android dan berhasil meyakinkan mereka bahwa seolah olah aplikasi tersebut benar-benar update dari WhatsApp. Untungnya aplikasi WhatsApp palsu tersebut tidak ada Malware didalamnya.

Dalam mengemembangkan aplikasi, developer menggunakan Unicode ‘white space’ sehingga dapat terlihat seperti buatan WhatsApp Inc. Dengan menggunakan Unicode white space tadi, pengembang bisa menipu sistem keamanan komputer Google dan berpikir bahwa nama pengembang berbeda dari yang tercantum di aplikasi WhatsApp yang asli.

Menurut salah seorang peneliti keamanan dari Avast, Nikolaos Chrysaidos mengatakan bahwa cara tersebut sudah dilakukan sejak lama.

Selain WhatsApp, ternyata aplikasi Facebook juga pernah mengalami hal yang sama. Salah satu pengembang membuat aplikasi Facebook palsu dan berhasil didownload lebih dari 10 juta instalasi oleh para pengguna.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *