Thursday , October 29 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » 6 Fitur yang Harus dihadirkan Pada Android 11

6 Fitur yang Harus dihadirkan Pada Android 11

foto : AndroidPIT

6 Fitur yang Harus dihadirkan Pada Android 11

lebakcyber.net – 6 fitur yang harus dihadirkan pada Android 11. Sistem operasi Android 10 sudah dirilis ke beberapa smartphone Android yang ada sekarang ini dan bukannya kami ingin meremehkan kemampuan Google dalam masalah pengembangan suatu software. Namun, ada beberapa bagian yang sepertinya mulai harus Google segera perbarui dan tampaknya hal tersebut harus hadir setidaknya pada sistem operasi Android 11.

Dan berikut ini adalah 6 fitur yang harus dihadirkan pada Android 11 yang akan dirilis nanti:

Dark Theme Otomatis

Dengan dirilisnya sistem operasi Android 10, pihak Google sudah menerapkan system wide dark mode ke berbagai perangkat yang menggunakan Android. Hal ini memungkinkan user bisa menerapkan tema gelap bukan hanya di sistem, tetapi juga hingga ke aplikasi.

Advertisements

Nah, di Android 11 nanti tampaknya dark theme sudah bisa kamu aktifkan secara terjadwal (mulai dari tenggelamhingga terbitnya matahari) seperti pada One UI milik Samsung.

Fast Share

Perusahaan Google sepertinya sudah tidak dapat lagi menyembunyikannya, ada banyak sekali informasi mengenai fitur berbagi file terbaru yang saat ini sedang mereka kembangkan. Bahkan baru-baru ini, ada informasi mengenai cara kerja dari fitur bernama Fast Share tersebut yang dapat digunakan untuk saling berbagi file dengan cepat dan mudah.

Advertisements

Harapan dari para pengguna Android seharusnya Google tidak perlu lagi menunggu sampai sistem operaso Android 11 dirilis untuk bisa menghadirkan fitur ini Fast Share tersebut, karena fitur tersebut dapat berjalan dengan lancar di sistem operasi Android 10. apalagi kalau harus membatalkan hadirnya fitur tersebut seperti pada kasus Screen Recorder beberapa waktu yang lalu.

Kalau hal ini sampai berhasil, maka dapat dipastikan kalau Google berhasil memangkas jarak antara Android dengan sistem operasi iOS milik APple yang selama ini terlampau cukup jauh dalam hal transfer file antar perangkat.

Screen Recorder

Selain itu sistem operasi Android juga cukup tertinggal dalam hal perekaman layar, karena sejak zaman iOS 11, perusahaan Apple sudah menghadirkan fitur tersebut ke berbagai perangkat iPhone yang dikeluarkannya.

Walaupun sebenarnya pihak Google juga sudah menambahkan fitur screen recording pada sistem operasi Android 10 sejak versi beta, namun pada kenyataannya fitur tersebut belum juga muncul pada versi publik.

Mudah-mudahan saja, dengan dirilisnya sistem operasi Android 11 yang diperkirakan akan hadir sekitar Quarter 3 tahun 2020, pihak Google telah berubah pikiran dan akan menerapkan fitur ini ke perangkat miliknya dan juga yang menggunakan sistem operasi Android One, karena beberapa vendor seperti Samsung dan Xiaomi yang sudah melakukan kustomisasi skin Android telah memiliki fitur screen recording tersendiri.

Optimized Charging

Penggunaan Baterai lithium-ion memiliki umur yang terbatas, oleh sebab itu proses pengisian baterai sampai penuh atau 100% setidaknya dapat mempersingkat daya tahan atau umur dari baterai yang digunakan tersebut. Oleh sebab itu beberapa produsen Android seperti OnePlus mulai menerapkan fitur serupa untuk melakukan proses optimalisasi charging.

Fitur tersebut nantinya akan membuat smartphone kalian di charge dengan kecepatan penuh sampai ke angka 80% dan setelah mencapai angka tersebut, smartphone kalian akan melakukan prediksi seberapa besar kalian memerlukan daya.

Misalkan saat kalian melakukan charge pada pagi hari, maka smartphone nantinya akan melakukan prediksi kalau kalian memerlukan daya penuh sehingga smartphone kalian akan mengisi dayanya sampai 100%. Tapi kalau kalian mengisi daya smartphone pada sore atau malam hari, maka smartphone akan memberikan kalian daya sekitar 80% saja.

Scrolling Screenshot

Sepertinya pihak Google terlihat kurang peduli dengan fitur-fitur sepele seperti scrolling screenshot, padahal sebenarnya fitur ini cukup penting kalau seandainya layar smartphone kalian tidak cukup untuk menangkap kalimat atau gambar yang jauh lebih luas dari ukuran layar smartphone.

Diharapkan pada sistem operasi Android 11 nanti, pihak Google mampu menghadirkan fitur tersebut ke ponsel dengan stock Android dan juga beberapa yang menjadi bagian dari program Android One, karena beberapa OEM sepertinya sudah menerapkan fitur Scrolling screenshot tersebut ke smartphone mereka.

Konektivitas Bluetooth Pada Airplane Mode

Bisa dikatakan ini merupakan fitur yang hampir dapat dipastikan akan hadir pada sistem operasi Android 11, dimana kalian bisa tetap terhubung ke perangkat bluetooth yang kalian gunakan walaupun kalian sedang berada dalam airplane mode.

Tentu saja fitur ini pastinya akan sangat membantu kalian, karena kalian tidak perlu lagi menghubungkan perangkat yang tadinya sudah terhubung hanya karena kalian mengaktifkan airplane mode pada smartphone.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Android 11 Bisa Kembalikan File Yang Terhapus

Android 11 Bisa Kembalikan File Yang Terhapus

Android 11 Bisa Kembalikan File Yang Terhapus lebakcyber.net – Android 11 bisa kembalikan file yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *