Saturday , March 23 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / 259 Orang Meninggal Karena Selfie

259 Orang Meninggal Karena Selfie

foto : SBS

259 Orang Meninggal Karena Selfie

lebakcyber.net – Sudah banyak netizen yang meninggal karena melakukan selfie, totalnya 259 orang meninggal karena selfie dan sudah banyak menjadi berita di media massa. Penyebabnya pun beragam, ada yang ke jurang karena coba selfie di ujung tebing sampai tersambar kereta karena selfie di sisi rel.

Tapi selama ini sebenarnya belum ada data yang secara detail menghitung jumlah peristiwa selfie yang berujung kematian tersebut. Salah satu asosiasi peneliti All India Institue of Medical Science akhirnya melakukan survei untuk mengukur resiko selfie tanpa memperhatikan situasi sekitar.

Hasilnya, hanya dalam waktu 6 tahun saja, ada 259 orang di seluruh dunia yang meninggal karena selfie. Peneliti sendiri mengatakan bahwa itu hanya angka yang tercatat saja, dimana angka tersebut mungkin saja menjadi lebih besar dari yang diketahui.

Para korbannya sendiri didominasi oleh kaum Adam yang berusia antara 10 sampai 30 tahun yang mencapai angka 85% dari keseluruhan tragedi selfie berujung maut tersebut. Dan negara yang paling banyak meninggal karena selfie adalah India, dilanjutkan oleh Rusia, Amerika Serikat dan Pakistan.

Kepala peneliti Agam Bansal mengatakan yang membuat dirinya khawatir adalah fakta bahwa skenario kematian tersebut sebenarnya bisa dihindari, karena begitu banyak orang yang berani mengambil resiko hanya untuk mendapatkan hasil selfie yang bagus hanya untuk mendapatkan like di Facebook atau Instagram sampai rela ditukar dengan nyawa.

Kasus selfie berujung maut juga kebanyakan terjadi di laut, setidaknya ada 70 kejadian yang menyebabkan insiden selfie yang menyebabkan korbannya tenggelam kelautan, baik karena tersapu gelombang, sampai perahu terbalik.

Selanjutnya ada 51 kematian saat selfie yang terjadi di area transportasi. Biasanya lokasinya di stasiun kereta api, dimana para korban tidak memperhatikan kereta datang karena sibuk mengambil selfie yang bagus.

Dan kejadian lainnya yang menyebabkan selfie berujung maut yang memakan korban adalah jatuh dari ketinggian. Ada 48 kasus kematian sambil selfie yang masuk kedalam kategori ini.

Karena banyaknya jiwa yang melayang akibat selfie, maka beberapa negara menetapkan upaya pencegahan. Misalnya saja di Rusia, pemerintah setempat meluncurkan kampanye “ Selfie Aman”.

Formatnya berupa platform yang menjabarkan data interaktif untuk memperingati masyarakat soal ide-ide buruk dalam membidik selfie. Slogannya berbunyi “bahkan satu juta like di media sosial tak setara dengan nyawa”.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *