Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » News » 1 Miliar Pengguna Android Terancam Serangan Malware

1 Miliar Pengguna Android Terancam Serangan Malware

foto : Ars Technica

1 Miliar Pengguna Android Terancam Serangan Malware

lebakcyber.net – 1 miliar pengguna Android terancam serangan malware. Baru-baru ini para peneliti keamanan menemukan adanya sebuah celah pada chipset yang dimiliki oleh Qualcomm. Para peneliti tersebut mengatakan kalau ada lebih dari 400 celah keamanan yang bisa memberikan pengaruh kepada 1 miliar pengguna sistem operasi Android di seluruh dunia.

Para peneliti tersebut juga mengatakan kalau celah keamanan tersebut bisa digunakan untuk menginstall sebuah aplikasi berbahaya pada perangkat target tanpa seizin dari pengguna. Hal tersebut juga membuka celah bagi para peretas untuk bisa mencuri data pengguna, mendengarkan lingkungan disekitarnya dan juga melacak lokasi si pengguna.

Eksploitasi secara langsung tersebut juga memberikan dampak kepada fungsi pemrosesan sinyal digital dari prosesor Snapdragon yang biasanya digunakan untuk melakukan proses audio, video, augmented reality dan juga berbagai fungsi multimedia lainnya. Hal tersebut juga digunakan untuk mengontrol fitur pengisian daya cepat.

Advertisements

Dikutip dari Wccftech (10/08/2020) melaporkan bahwa Qualcomm sudah diberitahu mengenai celah keamanan tersebut yang dikatakan Achilles oleh Check Point. Namun sayangnya sampai sekarang ini masih belum diketahui pada prosesor mana saja yang memiliki celah keamanan tersebut.

Pihak Qualcomm juga sudah menanggapi hal tersebut. Sampai berita ini ditulis, pihak Qualcomm sudah melakukan perbaikan, tapi sampai sekarang ini masih belum diketahui kapan update perbaikan akan diluncurkan kepada semua penggunanya.

Advertisements

Qualcomm dan juga Google belum membagikan rencana mengenai kapan patch perbaikan tersebut akan dirilis kepada publik umum. Apalagi mengingat jumlah perangkat yang terkena bug tersebut membuat tidak akan mudah bagi mereka untuk mendistribusikan patch untuk celah keamanan tersebut.

Namun pihak Qualcomm mengatakan kalau belum ada bukti mengenai kerentanan yang dieksploitasi. Tapi perusahaan menyarankan kepada para pengguna agar hanya melakukan instalasi aplikasi dari sumber yang terpercaya saja seperti Play Store.

Perwakilan dari Qualcomm mengatakan mengenai kerentanan Qualcomm Computer DSP yang dipublikasikan oleh Check Point, pihak Qualcomm sudah bekerja dengan rajin untuk melakukan validasi masalah dan juga menyediakan mitigasi yang sesuai untuk OEM.

Pihak Qualcomm juga tidak memiliki bukti kalau ini sedang di eksploitasi. Mereka mendorong pengguna akhir agar memperbarui perangkat mereka pada saat patch sudah tersedia dan juga hanya melakukan instalasi aplikasi dari toko aplikasi terpercaya seperti Play Store.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Google Tak Sengaja Bocorkan Jadwal Rilis Android 11

Google Tak Sengaja Bocorkan Jadwal Rilis Android 11

Google Tak Sengaja Bocorkan Jadwal Rilis Android 11 lebakcyber.net – Google tak sengaja bocorkan jadwal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *